Jam 4 Pagi Mahasiswa Baru Sudah Berkumpul

KUNINGAN (MASS) – STKIP Muhammadiyah Kuningan sedang menggelar masa pengenalan kampus untuk mahasiswa baru. Kegiatan tersebut bernama CBP (Capacity Building Program). Berbeda dengan tahun sebelumnya, kegiatan tahun ini dimulai pada Jum’at (7/9/2018) jam 04.00 dini hari.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dimulai sholat subuh berjama’ah yang dilanjutkan kultum. Ini merupakan gagasan baru yang pertama kali dilakukan oleh STKIP Muhammadiyah Kuningan. Gagasan itu merupakan sebuah cerminan untuk lebih semangat menuju perubahan.

Ketua STKIP Muhammadiyah, Dr M Samsudin SAg MPd menjelaskan, kegiatan CBP merupakan kegiatan awal bagi mahasiswa baru di lingkungan kampus. Dimulainya kegiatan dengan sholat subuh berjama’ah, diharapkan menjadi kesan yang positif dan lebih semangat lagi dalam belajar.

“Yang diutamakan dalam kegiatan ini adalah pembentukan karakter. Dengan diawali sholat subuh berjama’ah, bisa memberikan spirit yang berbeda. Meskipun ini agak simbolik, namun ini sesuai dengan tagline kami ‘Islami, Unggul dan Berdaya Saing’,”paparnya.

Menurutnya, kegiatan sholat subuh berjama’ah di kampus itu tidak banyak, apalagi pada acara pengenalan kampus. Bukan hanya mahasiswa baru, bahkan dosen pun turut hadir pada kegiatan sholat subuh berjama’ah.

“Dan ternyata itu bisa dilakukan. Saya lihat jam 4 pagi, teman-teman sudah pakai seragam dan sedang melakukan registrasi. Saya senang juga. Sebelumnya, kami sampaikan kepada orang tua bahwa kami ingin mencoba menjadikan mahasiswa baru sebagai momentum perubahan untuk putra putri bapak ibu,” jelasnya.

Kebiasaan yang paling penting, lanjutnya, adalah guru yang memiliki karakter. “Guru yang pinter itu banyak, tapi yang pinter dan berkarakter ini yang kita inginkan. Bukan sekedar pinter saja, tapi dicetak berkarakter islami,” pungkasnya.

Senada dengan Samsudin, Sekretaris pelaksana, Dodi Ahmad Haerudin MPd mengatakan kegiatan tersebut untuk penguatan nilai-nilai karakter. Meskipun banyak yang belum terbiasa, namun perlu pembiasaan dengan cara harus dipaksa.

“Dengan CBP ini, semoga mahasiswa memiliki nilai-nilai karakter yang islami sehingga bisa diterapkan ketika perkuliahan. Karena sesuatu yang baik, kadang kala harus dipaksakan. Sehingga mau tidak mau mahasiswa harus datang jam 4 pagi,” jelas Dodi.

Berdasarkan informasi, mahasiswa baru berjumlah 263 Orang. Kegiatan CBP tersebut diisi dengan materi motivasi, pengenalan studi dan lingkungan kampus, Muhammadiyah sebagai organisasi, dan sistem akademik. Juga diisi kegiatan keislaman seperti Sholat Tahajud, Tadarus, Kultum, Sholat Dhuha dan Sholat Berjama’ah. (ali)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com