Ini Rincian Pemenang Lomba Sekolah Sehat

KUNINGAN (MASS)- Para pemenang Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2020 jenjang TK/RA sampai SMA/SMK/MA, Senin (10/8/8/2020) menerima pengehargaan dari pemka Kuningan.

Penghargaan itu diserahkan pada apel pagi  di Halaman Setda Kabupaten Kuningan. Pengumuman pemenang dilakukan oleh Sekda Kuningan Dr Dian Rachmat Yanuar MSi.

Sekaddar informasi ajang ini diselenggarakan oleh bagian Kesra Setda Kabupaten Kuningan yang bekerja sama dengan tim penilai dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan serta  Kementrian Agama Kabupaten Kuningan.

Proses penilaian lomba sehat ini dilaksanankan selama 1 bulan dengan berbagai tahapan. Terdapat 4 kriteria penilaian yang dijadikan bahan acuan, yakni physical quotient (PQ), intelligence quotient (IQ), emotional quotient (EQ), dan spiritual quotient (SQ).

Sekolah sehat menjadi sebuah standar nilai kesehatan di lingkungan pendidikan. Apabila gaya hidup ini menjadi sebuah pola pikir, budaya dan merata, maka keunggulannya turunan kita akan sehat hidupnya, dan menjadi generasi emas Indonesia.

Adapun Pemenang lomba tingkat TK/RA yaitu TK Yos Sudarso Kecamatan Cigugur, TK Dewi Sartika Kecamatan Kadugede dan TK Pembina Kecamatan Garawangi.

Sementara Tingkat SD/MI yaitu SDIT Al-Mutazam Kecamatan Jalaksana, SDN 1 Kecamatan Garawangi, SDN 2 Winduherang Kecamatan Cigugur, SDN 1 Bayuning Kecamatan Kadugede, SDN 1 Sukarapih Kecamatan Cibeureum dan SDN Jamberama Kecamatan Selajambe.

Untuk tingkat SMP/MTS yaitu SMP Binaul Ummah Kecamatan Cigugur, SMPN 4 Kuningan, SMPN 1 Garawangi dan MTSN Sindangsari Kecamatan Sindang Agung.

Sedangkan Tingkat SMA/SMK yaitu SMAN 2 Kuningan, SMKN 3 Kuningan dan SMAN 1 Jalaksana.

“Saya ucapkan selamat kepada pemenang lomba sekolah sehat tingkat Kabupaten Kuningan tahun 2020. Diharapkan, dengan adanya lomba ini sekolah bisa membuat gaya hidup anak didiknya sehat.” ujar Sekda Dian.

Sementara penyerahan piagam dilakukan oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama SH. Dalam kesempatan yang sama perwakilan dari Dinkes Kuningan Sri Mulyati untuk kategori penilaian pemenang lomba sekolah sehat mengatakan sekolah sehat ini memiliki Kriteria penilaian yaitu diantaranya yang mencakup secara keseluruhan melaui performance, perilaku anak, dan kebersihan anak.

“Dapat dikatakan sekolah sehat apabila telah memenuhi 14 indikator PHBS oleh institusi pendidikannya,” jelasnya. (agus)