Ini Profil Pemenang Penghargaan dari Kemendikbud

KUNINGAN (MASS) – Salah satu TBM yang menerima penghargaan dari Kemendibud RI adalah  TBM Hipapelnis. Taman Bacaan Masyarakat  yang berada di Desa Kalimanggis Kulon Kecamatan Kalimanggis itu masuk kategori TBM Kreatif-Rekreatif 2018.

Penghargaan diberikan pada acaranya Puncak Peringatan Hari Aksara Internasional 2018 di Deli Serdang, Sumatera Utara pada tanggal 6-9 September 2018. Penghargaan ini melengkapi pecapaian Tahun 2017, dimana TBM Hipapelnis didaulat oleh Kemdikbud sebagai Kampung Literasi.

Sekedar informasi  TBM Kreatif-Rekreatif 2018 ini diberikan kepada  10 TBM  dari berbagai daerah di Indonesia . Pada  2018 TBM ini juga mendapat penghargaan Juara Harapan III Apresiasi GTK Paud Dikmas kategori Pengelola TBM.

Sejak berdiri tahun 2015 TBM Hipapelnis terus menorehkan prestasi yang membanggakan bagi  Kuningan terutama  dalam memajukan pendidikan . Dengan berbagai keterbatasan TBM ini terus fokus dan hasilnya mulai terasa.

Pengelola TBM H Jaenal Mutakin mengatakan, dengan semangat dan tekad yang kuat untuk membangun bangsa dari desa TBM Hipapelnis kini siap berkontribusi aktif dalam memajukan pendidikan di masyarakat. Kemudian  menggelorakan gerakan gemar membaca agar semua siap menyongsong Revolusi Industri 4.0

Diterangkan, TBM Hipapelnis tidak hanya memberikan layanan peminjaman dan baca buku gratis bagi masyarakat. Namun berbagai kegiatan dilaksanakan  dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat. Seperti pelatihan kewirausahaan, workshop produktif menulis buku dan pelatihan seni budaya.

“Alhamdulillah, terima kasih atas kepercayaan dari semua pihak kepada kami  sehingga mendapat penghargaan. Terima kasih  kepada semua pihak yang tidak bisa disebutkan satu persatu,” jelasnya .

Semoga pihaknya lanjut Zeze  masih bisa berkiprah dan berkarya bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.  Bagi ayah satu anak ini   pada tahun 2016, dirinya  mendapat penghargaan sebagai pengelola TBM terbaik dari Bupati Kuningan.

Sementara itu, beberapa kegiatan kreatif-rekreatif di TBM Hipapelnis diantaranya, membuat buku Antalogi Cerpen Fajar Literasi di Timur Kuningan. Lalu, membuat lagu senandung Kampung Literasi untuk mengenalkan kepada masyarakat mengenai program Kampung Literasi.

“Dan rencananya kedepan akan membuat Board Game tentang TBM dan Kampung Literasi. Guna mengenalkan program tersebut kepada generasi muda Indonesia,” ujarnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com