Hadiahi Uniku Dengan Juara Duta Bahasa Nasional 2018

KUNINGAN (MASS)-  Pemilihan “Duta Bahasa Nasional” atau dikenal dengan nama (Dubasnas) adalah salah satu ajang pemilihan “Duta Bahasa” yang diselenggarakan oleh Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI). Gelaran ini untuk memilih putra terbaik bangsa yang akan menjadi ikon bahasa.

Duta bahasa berperan sebagi agen bahasa bagi pemartabatan bahasa negara (Bahasa Indonesia).Untuk Provinsi Jabar tahun ini diwakili oleh Nursidik dari Universitas Kuningan.

Nursidik tidak sendiri ia ditemani Agatha Natania (Unpar). Tenyata mereka  dinobatkan sebagai terbaik satu  Duta Bahasa Nasional 2018. Mereka dinobatkan setelah mewakili berbagi kegiatan pembekalan, tes dan wawancara.

Nursidik yang merupakan mahasiswa semester akhir dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  menjelaskan, ajang pemilihan ini diikuti oleh perwakilan dari seluruh Indonesia yang merupakan pemenang di Provinsinya masing-masing. Kegiatan tahun ini berlangsung di Hotel Mercure Ancol Jakarta dari tanggal 13-18 Agustus 2018.

“Kegiatan pemilihan ini diawali dengan karantina yang dimulai pada tanggal 13,” jelasnya Nursidik.

Dalam karantina, peserta dibekali berbagai kemampuan seperti tentang kebijakan bahasa di Indonesia, kemampuan wicara publik. Lalu,  permasalahan bahasa Indonesia di ruang publik, kode etik dan perilaku duta bahasa.

Kemudian,  pemanfaatan teknologi dan informasi dalam kebahasaan, pembinaan ideologi pancasila, kebijakan bahasa dan sastra bagi generasi muda, serta tentang peran aktif generasi muda bagi pembagunan Negara.

Pemberian bekal ini dilakukan dalam waktu enam  hari baik di dalam dan di luar ruangan. Materi-materi di atas diberikan langsung oleh pakar-pakar di bidangnya, seperti Kepala Badan Bahasa Kemendikbud RI Prof Dr Dadang Suhendar M Hum dan banyak lagi.

Rektor Uniku Dr Dikdik Harjadi SE MSi  mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi dan mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada salah satu mahasiswanya yang bernama “Nursidik”.

Ia  kembali membawa dan mengharumkan nama Uniku di level nasional dengan meraih prestasi sebagai “Duta Bahasa Nasional” 2018. Ini menjadi kado terindah bagi Uniku di HUT RI ke 73.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com