Guru SD di Japara Dilatih IT

JAPARA (MASS) – Aktivitas para guru SD di Kecamatan Japara Senin (22/7/2019) berbeda dari biasanya. Itu karena tengah diselenggarakannya acara Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa Pelatihan Pembuatan dan Pendampingan Penerapan Media Pembelajaran Berbasis ICT Menggunakan Lectora Inspire Bagi Guru Sekolah Dasar.

Acara tersebut diinisiasi oleh Lembaga STKIP Muhammadiyah Kuningan yang bekerjasama dengan Kemenristekdikti dan Disdikbud Kuningan. Lokasi yang dipilih sebagai tempat penyelenggaraan pelatihan adalah Aula Serbaguna UPTD Pendidikan Japara. Peserta kegiatan tersebut berasal dari perwakilan guru kelas 3 dan 4 seluruh SD di Kecamatan Japara.

Plt Kepala Disdikbud Kuningan, Drs H Maman Hermansyah MSi hadir untuk membuka kegiatan sekaligus menjadi pemateri. Ia menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap akan banyak lagi kegiatan lain agar kualitas pendidikan di Kabupaten Kuningan meningkat.

“Kami menyambut baik kegiatan pelatihan ini. Materi pelatihan ini sesuai dengan perkembangan zaman dimana peran IT sangat dominan dalam kehidupan. Guru harus mampu beradaptasi dan mengadopsi manfaat IT terutama untuk kegiatan pembelajaran,” serunya.

Ketua Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat STKIP Muhammadiyah Kuningan, Nunu Nurfirdaus MPd mengatakan, kegiatan ini merupakan bukti nyata peran perguruan tinggi untuk dapat memberi manfaat pada masyarakat, khususnya masyarakat pendidikan.

Pernyataannya diperkuat Ketua Tim PKM yang juga Dosen PGSD STKIP Muhammadiyah Kuningan, Nana Sutarna MPd. Dia mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bentuk sumbangsih perguruan tinggi kepada dunia pendidikan khususnya para guru sekolah dasar.

“Tugas dari perguruan tinggi adalah melaksanakan Tri Dharma yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Kegiatan ini merupakan bagian dari peran Pengabdian kepada Masyarakat,” jelas Nana.

Ketua Tim PKM memberikan cinderamata berupa Buku Media Ajar untuk SD menggunakan Lectora

Lebih lanjut ia mengatakan, ke depan para guru harus mampu menguasai IT termasuk dalam proses belajar mengajar di kelas. Oleh karenanya Nana berharap akan banyak lagi kegiatan-kegiatan seperti ini.

“Tim kami terdiri dari dua orang dosen yakni saya dan Pak Ahmad Fajri Lutfi MKom, juga dibantu oleh staf IT kampus, Bapak Vani Aprianto SPd. Pelatihan ini gratis untuk para guru karena didanai oleh Ristekdikti melalui Program Hibah Pengabdian Pada Masyarakat Tahun 2019. Terima kasih pada DRPM Ristekdikti atas kesempatan yang diberikan pada skema Program Kemitraan Masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu Ahmad Fajri Lutfi MKom selaku anggota Tim PKM menyebutkan pelatihan tersebut akan dilaksanakan terjadwal sampai 10 Agustus mendatang. “Setelah pembuatan media pembuatan selesai, kami berencana mendampingi para guru dalam menerapkan media di sekolahnya masing-masing,” terang Fajri.

Pada acara pembukaan ini, hadir juga beberapa tamu undangan diantaranya Kepala UPTD Pendidikan Japara, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) SD Kecamatan Japara dan Ketua PGRI kecamatan Japara. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com