Gelar Pelatihan Bersertifikasi Internasional

KUNINGAN (MASS) – SMK Muhammadiyah 2 Kuningan bekerja sama dengan MikroTik Latvia Eropa Utara menggelar pelatihan MikroTik Certified Network Associate (MTCNA), Rabu-Sabtu (4-7/9/2019). Pelatihan yang rutin dilaksanakan setiap semester dipandu oleh tutor bersertifikat, Udin Tahriludin MKom MTCNA MTCRE.

Pelatihan yang diikuti oleh 20 siswa TKJ Boarding School kelas XII membahas mengenai kemampuan dasar jaringan dan pengenalan fungsi-fungsi dasar MikroTik. Setiap materi yang telah disampaikan langsung dipraktekkan menggunakan routerboard MikroTik.

Materi yang disampaikan pada pelatihan itu terdiri dari pengenalan instalasi dan pengoperasian MikroTik, firewall dasar, bridge system, static routing, quality of service dan wireless concept. Selain itu wireless interface pun dibahas yang meliputi PTP dan PTMP serta praktikum jaringan dasar.

“Output yang diharapkan dan kelak akan didapat oleh siswa setelah mereka lulus ujian dengan gelar MTCNA, mereka dapat menggunakan sertifikat untuk melamar ke perusahaan baik di Indonesia bahkan luar negeri sekalipun,” ujar Udin Tahriludin MKom.

Saat ini, lanjut Udin, produk MikroTik sudah banyak digunakan oleh perusahaan, baik penyedia layanan jaringan internet maupun perusahaan pengguna jaringan internet.

“Artinya, bagi alumni TKJ SMK Muhammadiyah 2 Kuningan memiliki peluang yang sangat besar untuk mendapatkan pekerjaan yang layak di perusahaan-perusahaan tersebut,” jelasnya. (ali)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com