FKOM Ultah Harjadi ke 18

KUNINGAN (MASS)- Tepat di tanggal 2 Agustus, Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) Universitas Kuningan (Uniku) menyelenggarakan kegiatan syukuran “Hari Jadinya” yang ke-18 di Ruang Kelas A 01, Jum’at (2/08/2019).

Acara yang diselenggarakan dengan sederhana namun bermakna itu, dihadirI civitas akademika. Dekan FKOM Dadang Hamdani, mengatakan, dirinya mengapresiasi  kepada seluruh jajaran panitia pelaksana kegiatan Hari Jadi FKOM yang ke-18 tahun sehingga bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Dadang  mengungkapkan, ada dua  hal dalam momentum Hari Jadi. Pertama adalah bersyukur kehadirat Allah SWT atas rahmat, hidayah dan nikmatnya sehingga FKOM sudah berusia 18 tahun. Kedua, selain bersyukur namun di dalam momentum ini bisa juga dijadikan sebagai evaluasi diri atas perjalanan waktu selama 18 tahun agar FKOM kedepannya bisa lebih baik lagi.

Semenatra  Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr Dikdik Harjadi, SE MSi., mengatakan, tak terasa 18 tahun sudah FKOM berdiri menjadi bagian dari keluarga besar Uniku sejak tanggal 2 Agustus 2001 – 02 Agustus 2019.

“Perjalanan panjang nan berliku mampu FKOM lewati dengan perjuangan yang sangat luar biasa. Capaian demi capaian, mampu FKOM raih dengan kerja keras dan tim yang solid. Ini membuktikan, bahwa FKOM makin dipercaya oleh masyarakat dan patut dipertahankan dan dikembangkan lagi kedepannya,” tuturnya.

FKOM yang memiliki jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen Informatika, Desain Komunikasi (DKV) dan sedang proses mengajukan Prodi baru yaitu jurusan Teknik Sipil dan Elektro itu, jumlah mahasiswa dan mahasiswi pendaftarnya berada di urutan kedua (2) setelah Fakultas Ekonomi (FE).

“Ini harus terus ditingkatkan dan bila perlu dikembangkan lagi kedepannya. Insya Allah, tahun depan FKOM akan dibangunkan Gedung baru untuk proses perkuliahan bagi mahasiswa dan mahasiswinya,” ujarnya.

Lebih jauh, sambung Dikdik, mengungkapkan, momentum Hari Jadi ini dijadikan sebagai rasa syukur dan evaluasi diri untuk FKOM yang lebih baik lagi kedepannya.

“Bersyukur atas segala capaian yang telah diraih dan evaluasi diri untuk introspeksi agar FKOM bisa lebih baik lagi kedepannya. Jangan terbuai atau terlena dengan raihan capaian yang sudah diraih. Jadikan pelecut semangat untuk terus tumbuh, maju dan berkembang lagi kedepannya,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Rektor yang juga penikmat kopi hitam itu, menjelaskan, bahwa FKOM awal semester ini akan mengirimkan salah satu mahasiswa terbaiknya untuk mengikuti program “Transfer Credit” ke Universiti Utara Malaysia (UUM) selama satu (1) semester kedepan di Negeri Jiran Malaysia.

“Kemarin, FKOM juga kedatangan tiga (3) orang mahasiswa UUM program student exchange yang mengikuti proses perkuliahan selama satu (1) semester di Uniku. Kini, giliran mahasiswa FKOM yang akan mengikuti proses perkuliahan di UUM selama satu (1) semester kedepan. Ini merupakan bukti kepercayaan dan patut untuk dipertahankan dan ditingkatkan lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Uri Syam, SH., MH., mengatakan, Univesitas Kuningan (Uniku) didirikan sebagai perwujudan dari idealisme dan komitmen Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan untuk terus menerus berkarya khususnya dalam bidang peningkatan sumber daya manusia (SDM) menuju peningkatan mutu kehidupan masyarakat pada umumnya.

“Gagasan tentang pendirian Universitas di Kuningan sebetulnya telah ada sejak tahun 1979 ketika Yayasan ini didirikan. Namun karena keterbatasan sumber daya, baik sumber daya manusia maupun sumber daya keuangan, maka niat itu tidak bisa langsung diwujudkan sekaligus. Karena keterbatasan itu Yayasan menggunakan strategi bertahap untuk mendirikan sekolah tinggi – sekolah tinggi sebagai cikal bakal berdirinya Universitas,” tuturnya.

Sekolah tinggi pertama lahir pada tahun 1985 yaitu Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Kuningan. STKIP ini memiliki tiga Jurusan/Program Studi yaitu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Biologi, dan Pendidikan Ekonomi.

Sekolah tinggi kedua lahir tahun 1995 yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi memiliki dua Jurusan/Prodiyaitu Akuntansi dan Manajemen. Sekolah tinggi ketiga yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Kehutanan (STIKU) dan keempat Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Kuningan lahir hampir bersamaan pada tahun 2001.

“STIKU Kuningan memiliki dua Jurusan/Prodiyaitu Budidaya Hutan dan Konservasi Hutan. Sedangkan, STMIK memiliki empat Jurusan/Program Studi yaitu Teknik Informatika (S-1), Teknik Informatika (D-III), Sistem Informasi (S-1), dan Sistem Informasi (D-III),” ujarnya.

Setelah memiliki empat Sekolah Tinggi, Yayasan telah merasa punya cukup pengalaman untuk mendirikan Universitas. Oleh karena itu pengembangan keempat sekolah tinggi lantas dilaksanakan.

“Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor : 62/D/O/2003 tanggal 6 Juni 2003, berdirilah Universitas Kuningan yang merupakan penggabungan keempat sekolah tinggi yang ada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan. Berdirinya Universitas Kuningan diharapkan dapat menjadi kebanggaan masyarakat Kuningan. Universitas ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan Nasional Prof. A. Malik Fajar, M.Sc. pada tanggal 17 Juni 2003,” jelasnya.

Uri berharap, dengan menginjak usia yang ke-18 tahun, FKOM Uniku bisa terus tumbuh dan berkembang maju kedepan.

“Insya Allah, tahun depan sesuai dengan ajuan dari Rektor Uniku, FKOM bakalan memiliki lagi Gedung baru yang diperuntukannya untuk proses pembelajaran perkuliahan. Proses pembangunan Gedung baru tersebut, bakalan dimulai tahun depan,” harapnya.

Dalam acara tersebut juga, dilakukan selayang pandang oleh Ketua Dewan Pembina YPSAK Drs. Djuhari Karnawisastra, M.Pd., dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan  pembagian hadiah kompetisi futsal antar kelas dan dosen serta diakhiri dengan doa oleh Ustad Udin. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com