Enam Poin Penting Hasil Dari Kemah Literasi

KUNINGAN (MASS)- Kegiatan Kemah Literasi FTBM Kuningan siang tadi bersama para pegiat literasi dan TBM Kabupaten Kuningan Jabar beres digelar. Acara yang digelar dua hari itu ditutup denga acara Hiking bersama ke kawasan wisata Ipukan dibawah kaki Gunung Ciremai.

Dari hasil kegiatan kemah literasi,  FTBM   mendapatkan hasil kesimpulan hasil dari diskusi dan tukar pikiran selama kemah berlangsung (6-7, Juli 2019) untuk kemajuan TBM dan gerakan literasi di Kabupaten Kuningan. Ada enam poin yang berhasil disimpulkan yakni :

1.Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan, Bidang PAUD Dikmas siap membantu memfasilitasi kebutuhan TBM dalam ruang geraknya, dan siap bersinergi denga Dinas Kearisipan dan Perpustakaan dalam pembinaan bagi TBM baru maupun yg sudah berkembang dan bekerja sama dengan FTBM Kuningan.

2.Pengurus FTBM Kuningan akan melakukan restrukturisasi kepengurusan seiring dengan perkembangan literasi dan regenerasi pegiat literasi.

3.Kemah Literasi akan terus dilakukan kedepannya sebagai ajang silaturahmi pegiat literasi, dan penguatan kaderisasi juga sharing dalam pengelolaan TBM maupun komunitas literasi lainnya.

4.Kemah Literasi 2019 FTBM Kuningan, berhasil menciptakan sebuah lagu literasi yang berjudul “Kuningan Bercahaya” hasil ciptaan para peserta kemah literasi dan relawan.

5.FTBM Kuningan siap membantu dan memfasilitasi bagi para relawan atau pegiat dalam pembentukan Taman Bacaan Masyarakat di wilayah/desanya masing-masing.

6.TBM Balarea, Komunitas Bukusam dan pengurus FTBM Kuningan siap tampil perdana dalam program Wakuncar di Taman Kota Kuningan bulan Agustus depan, dengan karya Musikalisasi Puisi dibalut dengan sentuhan seni budaya sunda bersama Dinas Arsippus Kuningan.

“Demikian hasil kemah literasi Kuningan, semoga apa yang telah rencanakan dan ikhtiar kami bisa menginspirasi kita semua untuk terus berupaya memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia,” ujar Panitia Acara Kang Zeze alias Jainal Mutakin. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com