Dulunya Ditakuti, Sekarang Dijadikan Menyenangkan

KUNINGAN (MASS) – Rasa takut sebagian besar siswa terhadap mata pelajaran Matematika, memantik inovasi Dosen STKIP Muhammadiyah Kuningan. Saat ini, mereka punya formula khusus agar para siswa menyenangi mata pelajaran tersebut.

Itu terungkap dalam Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Flash Menggunakan Adobe Animate, Jum’at (31/8/2018). Peserta yang semuanya guru Matematika itu diberikan pembekalan bagaimana teknik penyampaian materi kepada siswa menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi.

“Jadi Adobe Animate ini merupakan salah satu aplikasi multimedia yang dapat digunakan dalam pembuatan media pembelajaran,” ujar Ketua Tim PKM, Uba Umbara MPd MM.

Pelatihan yang diikuti oleh Guru SMP Matematika Gugus Kuningan dan Luragung dilaksanakan di Kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan. Pelatihan tersebut dibuka langsung oleh Kadisdikbud Kuningan, Dr. Dian Rachmat Yanuar.

Pelatihan yang merupakan rangkaian dari Program Hibah Ristekdikti pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) disampaikan oleh Uba Umbara MPd MM, Abdul Rosyid MPd, dan Dena Latif Setiawan MKom. Dosen tersebut merupakan Home Base Program Studi Pendidikan Matematika STKIP Muhammadiyah Kuningan.

Uba Umbara MPd MM, selaku ketua tim PKM menjelaskan penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan. Keluaran dari pelatihan ini berbentuk media pembelajaran yang terbagi ke dalam model tutorial, drill and practice dan instructional games.

“Jumlah Guru Matematika yang menjadi peserta adalah 46 orang masing masing menghasilkan 3 model media. Sehingga akan menghasilkan 138 media pembelajaran,” paparnya.

Uba berharap, dari 138 media pembelajaran tersebut dapat dijadikan bahan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) oleh para guru. (ali)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com