Cetak Kader dengan Baitul Arqom

KUNINGAN (MASS) – Sebagai sarana kaderisasi di Persyarikatan Muhammadiyah, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tapak Suci STKIP Muhammadiyah Kuningan melaksanakan Baitul Arqom. Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari (15-16/11/2018) bertempat di Bumi Perkemahan Ipukan Palutungan.

Pembina UKM Tapak Suci STKIP Muhammadiyah Kuningan Edi Rohaedi SPd mengatakan, tujuan dilaksanakannya Baitul Arqom untuk mencetak kader-kader persyarikatan yang dapat mengabdikan diri pada bangsa, negara, agama dan persyarikatan.

“Tapak Suci merupakan salah satu Ortom Persyarikatan Muhammadiyah yang bergerak dalam beladiri pencak silat. Bahkan tapak suci sudah mendunia. Sehingga dengan Baitul Arqom, semoga UKM Tapak Suci STKIP bisa memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa, negara, agama, persyarikatan, kampus dan kabupaten Kuningan,” jelas Edi.

Kegiatan yang diikuti oleh anggota UKM Tapak Suci STKIP diisi dengan materi tentang keorganisasian yang disampaikan langsung oleh Ketua Pimda 143 Tapak Suci Kuningan Hermawan MSi. Selain itu, materi ketapaksucian diisi oleh Dewan Pelatih Empi Adrapi MSi, materi kemuhammadiyahan oleh ketua PDM Kuningan Drs Wahid Tbk MA, dan materi kepemimpinan oleh Danramil Cigugur Kapten ARH H Dulkadir SH MH MSc.

Sementara itu, Ketua STKIP Muhammadiyah Kuningan Dr M Samsudin SAg MPd menceritakan bahwa Baitul Arqom digunakan sebagai sarana pengkaderan di Persyarikatan Muhammadiyah.

“Pada zaman Rasullullah, ada satu rumah yang dijadikan kajian-kajian agama. Rumah itu milik sahabat Nabi yang bernama Arqom. Rumah Arqom itulah yang pertama kali dijadikan tempat kajian. Sehingga Muhammadiyah mengambil istilah Baitul (rumah) Arqom sebagai rumah kajian atau sarana pengkaderan,” papar Samsudin dalam sambutannya. (ali)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com