Canangkan Keluarga Literasi

KUNINGAN (Mass)- Sebagai upaya mendukung kegiatan Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca, belum lama ini  telah dicanangkan Keluarga Literasi oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan.

Pencanangan program ini  ditandai dengan ditandatanganinya MoU antara Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan diwakili oleh  Ketua TP Hj Ika Acep Purnama. Sedangkan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan atas nama Pemda Kuningan yang diwakili Kadis Drs Ucu Suryana MSi.

Selain itu pada kesempatan ini telah diserahkan secara simbolis bantuan Replikasi Perpustakaan Desa dari Program PerpuSeru dari CCFI untuk 3 desa dan 2 TBM masing-masing mendapat 3 komputer.

“Semoga dengan adanya kerjasama ini maka bisa meningkatkan budaya literasi (membaca dan menulis) dikalangan masyarakat,” ucap Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Drs Ucu Suryana MSi kepada kuninganmass.com Kamis (16/3/2017).

Sementara itu, sebelumnya pada hari Sabtu (11/3/2017) lalu telah dilaksanakan Kegiatan Safari Getakan Nasional Gemar Membaca di Kabuapten Kuningan. Kegiatan tersebut bertema implementasi revolusi mental melalui Gerakan Nasional Gemar membaca untuk meningkatkan indeks kegemaran membaca masyarakat.

Pembukaan acara dihadiri oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama, SH  MH, anggota komisi X DPR RI Dr H Surahman,  Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Drs Deni Kurniadi MHum. Lalu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jabar Hj Tati Iriani MM, dan Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kuningan Drs Ucu Suryana MSi.

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca mewakili Kepala Perpustakaan Nasional  Drs Deni Kurniadi MHum Menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia lokal dan pusat atas partisipasinya dalam menyelenggarakan acara ini.

Dalam sambutannya  berpesan untuk agar semua stake holder mengsukseskan safari gerakan nasional gemar membaca. Kemudian, para guru memberikan nilai tambahan bagi siswa yang rajin pergi perpustakaan dan mengajak para siswanya untuk berwisata baca ke perpustakaan .

Ditempat yang sama Anggota Komisi X  DPR RI Dr H Surahman mengatakan, saat ini sedang dilakukan upaya dari badan legislatif untuk meningkatkan anggaran perpustakaan menjadi 50 persen lebih banyak dari tahun 2016. selanjutnya kepad para hadirin mengajak untuk rajin membaca agar menambah wawasan dan ilmu pengetahuan,sebagaimana telah diperintahkan Allah SWT  kepada Nabi Muhammad SAW dgn diturunkan nya Surat Al-Alaq di Gua Hiro yang ayat pertamanya adalah Iqro (bacalah).

“Hal ini memotivasi kita agar rajin membaca utk menambah ilmu pengetahuan,” jelasnya.

Terpisah, Bupati Kuningan H Acep PurnamaSH MH menekankan mengenai pentingnya budaya baca dalam pembentukan karakter generasi mendatang. Selain itu ditekankannya juga mengenai peran sentral perpustakaan dengan berbagai program dan aktivitasnya dalam pengembangan minat baca.

Acara selanjutnya adalah talkshow dan tanya jawab selain tamu yang disebutkan diatas juga hadir sastrawan/pengarang buku terkenal asal Kuningan Pandu Hamzah. Pengarang buku asal Kuningang memotivasi untuk rajin membaca dan menulis agar mendapat ilmu dan keterampilan sebagai bekal hidup dalam meningkatkan kualitas diri.

Selesai acara dilanjutkan dengan kunjungan Drs Deni Kurniadi MHum dari Perpusnas dan Kadis Perpus Provimsi  Jabar ke Perpustakaan sekolah SMAN 3 Kuningan. Selain itu juga kunjungan ke TBM Hifapelnis Desa Kalimanggis Kulon Kecamatan Kalimanggis.(agus).

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com