Bina Cahya Bukan Hanya Wujudkan Peserta Didik Miliki Ijazah, Tapi Keterampilan

KUNINGAN (MASS)- Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Cahya di Keluaraha/Kecamatan Cigugur, pada Sabtu siang menggelar pelepasan dan keanaikan kelas tahun ajaran 2018/2019. Tahun ini ada 20 peserta didik yang lulus.

Mereka itu adalah para peserta didik Paket B dan Paket C dengan jumlah masing-masing 10 orang. Pelepasan dan kenaikan dilakukan di Aula PKBM. Acara berlangsung meriah karena ada berbagai pertunjukan seni dari para peserta didik.

“Kami di sini tidak hanya mewujdukan peserta didik mempunyai ijazah. Tapi juga keterampilan karena disini ada keterampilan yang disediakan yakni  tata boga, busana, perkayuan dan las,” ujar Kepala PKBM Bina Cahya  Sr Yulian SSos, usai acara.

Diterangkan, di PKBM Bina Cahya kegiatan belajar dan mengajar tidak ada bedanya dengan di sekolah formal. Pasalnya, aktivitas berlangsung setiap hari. Kebetulan peserta didik kebanyakan usai sekolah.

Empat keterampilan yang disediakan lanjut dia, agar peserta didik  bisa lebih menadiri ketika keluar sekolah, khusus para lulusan Paket C (setara dengan SMA). Para peserta didik Paket B tidak jauh berbeda. Namun, ditekankan kepada  Paket C.

“Dengan kelebihan ini maka peserta didik hanya datang dari Kuningan, tapi dari Jakarta juga banyak. Kami selalu mendukung apa yang diinginkan oleh para peserta didik,” tandasnya.

Di tempat yang sama, Kasi Dikmas Disdikbud Kuningan Luki Tribayu SE, menyampaikan selamat kepada para peserta yang sudah lulus baik kelas XI atapun kelas XII. Bekal ilmu bisa jadikan untuk bekal masa depan.

“PKBM Bina Cahya merupakan satu dari 27 PKBM yang aktif di Kuningan. Di sini bukan hanya menyelangarakan pendidkan kesetaraan, tapi juga para peserta diberikan bekal yang benar-benar penting,” ujar Luki.

Dari pantauan kuninganmass.com, selain penyerahan bukti  kelulusan kepada peserta didik, juga ada berbagai pertunjukan mulai fashion show, jaipong dan musik akustik. Hal ini tentu memberikan kebanggaan karena mereka kreatif. (agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com