Beres UNBK, 4 Siswa Dikirim ke Toyota

KUNINGAN (MASS) – Meski baru beberapa hari menyelesaikan UNBK, empat siswa dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) SMK Muhammadiyah 2 Kuningan sudah dikirim ke perusahaan Toyota, Kamis (4/4/2019). Selama setahun, keempat siswa tersebut akan mengikuti On Job Training (OJT) di Toyota Learning Center, Jakarta.

Program OJT merupakan bentuk kerjasama antara program keahlian TKRO SMK Muhammadiyah 2 Kuningan dengan Toyota. Siswa kelas XII yang dikirim untuk mengikuti pelatihan itu merupakan siswa pilihan yang dilakukan oleh pihak sekolah.

Kepala program TKRO Imam Sholihin SPd mengatakan, program OJT merupakan salah satu bentuk kepercayaan perusahaan Toyota kepada jurusan TKRO SMK Mudaku.

“Mudah-mudahan program ini bisa meningkatkan mutu jurusan TKRO SMK Mudaku dalam mencetak lulusan yang memiliki keahlian. Sebelumnya kita juga sudah bekerjasama dalam hal penempatan siswa PKL (Praktek Kerja Lapangan),” ujar Imam.

Kepala Sekolah  SMK Mudaku melalui Wakasek Humas Hubin Udin Tahriludin MKom menambahkan, OJT ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi siswa dan memberikan pengalaman sebelum kerja.

“Mudah-mudahan program ini bisa berjalan secara continue sehingga bisa memotivasi siswa kelas X dan XI agar lebih serius lagi dalam belajar, sehingga setelah lulus mereka pun memiliki kesempatan untuk belajar di Toyota,” harapnya.

Sementara itu, Service Manager Tunas Toyota Amrulloh mengatakan, program yang dilaksanakan oleh Toyota berharap mampu meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) juga pendidikan di SMK Muhammadiyah 2 Kuningan.

“Selain mempelajari proses pelatihan di bengkel, siswa yang mengikuti program ini juga dilatih kebudayaan kerja sesuai dengan standar Toyota. Kedisiplinan, ketertiban dan kerja keras menempa siswa selama mengikuti program di Toyota,” jelas Amrulloh.

Baginya, kedisiplinan dan kemauan merupakan awal dari lahirnya pribadi yang tangguh pada setiap peserta. Karena setelah selesai magang, semua peserta mempunyai kesempatan untuk bekerja di Toyota.

Berdasarkan informasi, program OJT tersebut tidak dipungut biaya alias gratis. Bahkan keempat siswa itu mendapatkan fasilitas dari pihak Toyota, diantaranya transport, makan dan lain-lain. (ali)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com