Belajar Jarak Jauh via Radio saat Siswa Dirumahkan, Dilirik KPID

KUNINGAN (MASS) – Program Pembelajaran Alternatif di Rumah melalui Siaran Radio saat siswa dirumahkan, dilirik KPID Jabar. Program yang diinisasi Bupati H. Acep Purnama SH. MH bekerjasama dengan LPPL Kuningan FM dan direlay secara kompak oleh seluruh radio swasta Kuningan, Kos Sindotrijaya Kuningan, Megaswara FM, Rasuci FM, Tazkia FM, dan Rasilima FM, dijadikan rujukan oleh KPID Jabar untuk direlay oleh radio-radio seluruh Jawa Barat.

Program dirancang sederhana yaitu guru mengajar melalui radio dan siswa menyimaknya di rumah. Adapun sebagai pengganti papan tulis atau proyektor guna pemampangan materi adalah berupa modul materi digital yang akan disebar pada siswa melalui aplikasi Whatsapp dan juga Telegram.

“Tegar Yo!” dibagi 4 Zona Waktu yaitu untuk TK dari jam 06 – 07 WIB, SD dari jam 07.00 – 13.00 WiB, SMP dari jam 14.00 16.00 WiB dan SMA dari Jam 17.00 s/d 21.00 WIB dengan alokasi kelas masing-masing satu jam.

Menurut Bupati Acep Format Belajar di radio ini diyakini akan lebih efektif karena relatif menjangkau seluruh wilayah areal Kuningan dimana siswa berada serta efesien karena siswa bisa menyimak dengan radio, maupun smart phone yang berheadset atau mengunduh melalui Aplikasi android LPPL Kuningan FM di Google Play Store juga Website Kuningan FM.Com.

Format ini juga lebih interaktif karena siswa bisa mendengar langsung suara guru dan bisa bertanya melalui line telpon 0877 4669 1000 atau melalui whatsap 0899 6062 1000.

Sementara itu Direktur Utama LPPL Kuningan Pandu Hamzah mengatakan program ini dirancang cepat karena kebanyakan paket yang dipilih oleh guru adalah pembelajaran jarak jauh melalui media online dan medsos sedangkan belum semua masyarakat di Kuningan yang terjangkau sinyal seluler serta bahkan ada yang belum memiliki smart phone.

Menurut Pandu lembaga penyiaran yang jangkaunnya sangat massif bertanggung jawab mengisi celah kelemahan infrastruktur pembelajaran darurat semacam ini, agar semua masayarakat terlayani pendidikan alternatifnya.

“Dan tetap ada nuansa pembelajaran ditengah suasana yang serba hati-hati akibat adanya virus corona,” jelasnya.

Pandu juga menjamin program ini memiliki bobot yang tak kalah berkualitas dengan pembelajaran di kelas. Guru guru yang mengajar di program ini sudah terlatih di program BISA (Bimbel On Air Menjangkau Desa) yang selama ini diadakan di Kuningan FM. Program ini sudah diriley oleh radio-radio tetangga seperti Tasikmalaya, Majalengka, Karawang dll.

Lebih jauh lagi Bupati Acep mempersilakan bagi masyarakat di luar Kuningan sejauh jangkauan Kuningan FM untuk turut serta belajar di Program ini. Bagi masyarakat di wilayah Indonesia juga bisa menyimak melalui aplikasi LPPL Kuningan FM. Bagi radio di kota lain seantero Indonesia juga diperbolehkan untuk menyebarluaskan acara ini dengan gratis.

“Negara kita haru bahu membahu di segala bidang, karena sekali lagi amanat konstitusi tetap menyelenggarakan pendidikan bagi warga negara tidak boleh terhenti meskipun kita sedang sibuk melindungi warga negara dari penyebaran virus corona!,” kata Acep. (deden)

Tata Tertib Pogram Tegar Yo!

Penyiar Operator dan Guru harap hadir di Studio minimal 15 menit sebelum acara jam pelajaran dimulai.

Penyiar dan Guru diwajibkan mencuci tangan dengan sabun berdeterjen sebelum siaran.

Penyiar dan Guru diwajibkan mengganti sarung MIc dengan sarung Mic Personal yang sudah dibagikan.

Penyiar operator dan Guru dianjurkan minum susu murni yang tersedia di show case studio setelah selesai siaran.

Setelah lagu terakhir dari penyiar sebelumnya, operator harus memastikan urutan file audio berikutnya adalah jingle jelang acara, jingle opening Tegar Yo, jinglekomplit satu kemudian backsound Tegar Yo! Sesuai masing masing kelas.

Saat setelah Backsound Operator langsung mengucapkan Salam…Menyampaikan keterangan Program TegarYo! keterangan Tentang Mata Pelajaran saat itu…keterangan tentang mekanisme pembagian waktu…mekanisme penyebaran modul serta keterangan tentang tata cara interaktif dan kuis.

Stelah itu penyiar operator mempersilakan Guru menyampaikan materi sambil mengingatkan pemirsa untuk melihat modul selama proses penyampaian materi.

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com