Beginilah MPLS Hari Pertama Tingkat SMP di Kuningan

KUNINGAN (MASS) –  Senin (13/7/2020) merupakan hari pertama masuk sekolah di Kabupaten Kuningan. Bagi siswa baru ini momen penting.

Bagaimana kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) khsusus siswa tingkat SMP, ternyata mereka pada hari pertama melakukan tatap muka dan juga ada yang daring.

“MPLS hari pertamai tetap muka dengan jumlah siswa 38 orang,” ujar Kepala SMPN 6 Kuningan H Cipto SPd MM melalui Wakasek Kurikulum Cecep SPd.

Kemudin, pada Selasa tugas di rumah. Sedangkan pada Rabu pemberian tugas dan penutupan.

Selanjutnya untuk KBM menurut himbauan  bupati melalui  Kadisdikbud adalah  BDR (belajar dari rumah). Namun, dilaksanakan tergantung kebijakan sekolah masing-masing.

“Mau metode pemberian tugas atau daring online tergantung memilih,” ujarnya.

Tidak jauh  berbeda di SMPN 2 Kuningan MPLS berlangsung lancar. Para siswa melakukan tatap muka dan mereka menerapkan protokol kesehatan.

“Alhamdulillah MPLS berlangsung lancar. Peserta didik sekelas 16 orang physical distancing, pake masker, kenalan dengan wali kelas, teman-teman, dan lingkungan,” ujar Kepala SMPN 2 Kuningan Sade Tahya Hadik MPd.

Ia menyebutkan, siswa diantar orang tua dan untuk waktu sampai jam 10.00 WIB. Orang tua diberi buku paket untuk anaknya dan dijelaskan cara Belajar Dari Rumah (BDR).

Selain itu juga peserta didik diberi buku panduan MPLS untuk belajar di rumah. Peserta didik hanya hadir 1 hari

Selanjutnya menunggu protokol kesehatan dan keputusan Disdikbud/pemerintah untuk pembelajaran tapel 2020/2021.

Terpisah, bukan hanya tatap muka, yang daring juga ada. Seperti hal Ridwan Abdurahman siswa SMPN 7 Kuningan.

Ia mengaku MPLS di rumah sangat menyenangan meski harus daring. Ia ditemani oleh neneknya dan mengaku masuk SMPN 7 adalah impiannya.

Dari pantauan para siswa tampak sumringah. Mereka sangat menunggu momen ini karena menjadi pengalaman pertama masuk SMP.

Selain pantauan di SMPN 6, SMPN 2 Kuningan, juga dilakukan di SMPN 1 Kadugede dan SMPN 1 Kuningan. Menurut pihak sekolah baik Kepala SMPN 1 Kudegede Supriyadi dan juga Irsan guru SMPN 1 Kuningan proses MPLS berlangsung lancar. (agus)