Ada Lima Jalur Masuk UIN

KUNINGAN (MASS)- Acara rutin Try Out Ujian Mandiri Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (TO UMPTKIN) yang digelar setiap tahun oleh Keluarga Mahasiswa Kuningan (Kamuning) UIN Bandung sangat direspon. Ini terbukti dengan hadirnya 250 peserta dari seluruh SLTA Kabupaten Kuningan

Acara digelar pada Minggu, (20/1/2019) di Gedung KNPI Kabupaten Kuningan. Acara ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Kuningan, H Acep Purnama SH MH.

Selain itu hadir Dewan Penasihat Kamuning, Dr Uu Nurul Huda, S Ag SH MH,. Uu mengisi seminar mengenai jalur masuk perguruan tinggi negeri.

Seperti diketahui terdapat 5 jalur masuk ke UIN Bandung, yaitu SNMPTN, SBMPTN, SPAN-PTKIN,. Lalu, UM-PTKIN, dan UM.

“Jangan mengandalkan ujian mandiri, manfaatkan semua jalur masuk sebelum ujian mandiri. Hal ini agar peluang masuk UIN Bandung lebih besar, tersedia juga beasiswa dari berbagai instansi”, ungkap Uu Nurul Huda ketika mengenalkan jalur masuk UIN Bandung.

“Beasiswa yang tersedia di UIN Bandung diantaranya beasiswa bidikmisi, Djarum, Pemprov Jabar, Bank Indonesia, tahfidz, dan lainnya,” ujarnya.

Semua beasiswa yang tersedia dapat dimanfaatkan mahasiswa sebaik mungkin, dan bisa memotivasi bahwa semua orang bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, asal dia berusaha dan tidak pantang menyerah.

Selain itu, Uu juga menjelaskan mengenai profil UIN SGD Bandung agar mereka dapat tertarik dan lebih semangat lagi untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri, khususnya UIN SGD Bandung.

Sementara itu, Bupati Acep berpesan pergunakan waktu sebaik mungkin, gunakan waktu luang kalian untuk membaca yang akan memperluas pengetahuan dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

“Raihlah impian kalian. Saya ingin masyarakat Kabupaten Kuningan semuanya sukses dalam pendidikannya dibidang apapun, sehingga dapat bermanfaat bagi orang orang disekitarnya”, ungkap Acep. yang memberikan sambutan berupa nasihat dan berbagai motivasi untuk para peserta TO.

Hal ini agar peserta bisa melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu, acara TO diisi dengan stand up comedy oleh Iman Ugoz dan Amam PE yang mengundang gelak tawa peserta.

“Kegiatan ini sangat bagus, karena dapat menstimulus adik-adik SLTA untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, sehingga dengan acara ini dapat mengetahui sejauh mana persiapan mereka untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi,” ujar Ketua Umum Kamuning M Nursidik.

M. Nursidik juga berharap semoga kegiatan ini terus berjalan rutin diadakan setiap tahunnya dan mampu memotivasi anak-anak untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com