961 Camaba Ikuti Seleksi PMB Uniku

KUNINGAN (Mass) – Sebanyak 961 calon mahasiswa baru (Camaba) mengikuti tes seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) gelombang pertama di kampus Universitas Kuningan (Uniku). Para peserta pun tampak serius menjawab soal-soal materi seleksi yang disediakan pihak panitia PMB Uniku.

“Dalam tes kali ini, seluruh peserta harus mengikuti tes tertulis dan wawancara. Mereka harus mengikuti tes tertulis yang terdiri dari tes potensi akademik dan bahasa inggris, serta camaba juga harus mengikuti wawancara kepribadian,” ucap Rektor Uniku Dr Dikdik Harjadi MSi kepada awak media usai kegiatan seleksi, Sabtu (13/5).

Dikatakan, jika peserta tidak memenuhi kriteria seperti tak lolos ujian seleksi yang sudah ditentukan oleh panitia, maka Camaba tidak akan diterima menjadi mahasiswa Uniku.

“Jadi, dari keseluruhan peserta itu ada saja Camaba yang tidak lolos. Itu tergantung dari total nilai keseluruhan dari setiap tes yang diikuti,” terangnya.

Disebutkan, pada gelombang pertama ini jumlah pendaftar Camaba ke Uniku berjumlah 961 pendaftar. Program Studi yang paling banyak diminati oleh pendaftar adalah Prodi Manajemen, Akuntansi, Teknik Informatika dan PGSD.

“Adapun 961 pendaftar Camaba itu terdiri dari 543 orang mengikuti tes, 414 orang melalui jalur prestasi, dan 4 orang yang melanjutkan. Camaba itu berasal dari berbagai wilayah seperti Jabodetabek, Papua, Tanjung Jabung Barat, Tasikmalaya, Ciamis, Brebes, Majalengka, Indramayu, Cirebon dan Kuningan” sebutnya lagi.

Sementara dari jumlah pendaftar pada gelombang pertama ini lanjutnya, rinciannya yaitu 164 orang pendaftar untuk Prodi Akuntasi (S1), Ilmu Hukum (S1) 25 orang, Kehutanan (S1) 57 orang, Manajemen (S1) 250 orang, Manajemen Informatika (D3) 4 orang, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) 52 orang.

“Lalu untuk Pendidikan Bahasa Inggris (S1) 53 orang, Pendidikan Biologi (S1) 16 orang, Pendidikan Ekonomi (S1) 29 orang, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) 104 orang, Pendidikan Matematika (S1) 22 orang, Sistem Informasi (S1) 75 orang, Teknik Informatika (D3) 1 orang dan Teknik Informatika (S1) 109 orang,” tambahnya.

Tak hanya itu, Dikdik juga menyampaikan, bahwa di Uniku juga menyediakan beberapa program beasiswa seperti beasiswa bidikmisi, beasiswa Pemprov Jabar, beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA), beasiswa dari Baznas Kuningan dan beasiswa-beasiswa lainnya.

“Tahun ini, kuota penerima beasiswa tersebut diantaranya 15 orang untuk beasiswa bidikmisi, 75 orang untuk beasiswa PPA, 37 orang untuk beasiswa Pemprov Jabar dan 34 orang dari beasiswa Baznas Kuningan. Jadi, masih banyak kesempatan sehingga bergabunglah bersama kami di Uniku,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com