665 Mahasiswa Ikuti Pembekalan Praktek Keterampilan Mengajar

KUNINGAN (MASS) –  Sebanyak 665 mahasiswa semester tiga dan lima Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) mengikuti kegiatan pembekalan Praktek Keterampilan Mengajar (PKM) I dan II. Kegiatan ini dihelat Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Universitas Kuningan (Uniku) pada hari Senin dan Selasa 14 – 15 Januari 2019.

Kepala Unit Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) Cucu Suhartini, M.Pd., saat dimintai keterangannya, Rabu (16/01/2019), mengatakan, kegiatan praktek keterampilan mengajar (PKM) yang dilaksanakan Unit PPL FKIP Uniku itu, dibagi menjadi dua bagian yaitu PKM 1 dan PKM II.

“Untuk yang hari Senin, PPL menggelar pembekalan PKM I yang diikuti oleh 291 orang peserta. Di hari kedua yakni Selasa, PPL menggelar PKM II yang diikuti oleh 374 orang mashasiswa dan mahasiswi FKIP Uniku,” tuturnya.

Lebih jauh, sambung dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Ekonomi (PE) FKIP Uniku itu, menjelaskan, untuk data detailnya mahasiswa yang ikut dalam PKM I itu, terdiri dari  Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) sebanyak 48 orang, Prodi Pendidikan Biologi (PBIO) ada 23 orang,

Setelah itu, Prodi PE sebanyak 37 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) ada 44 orang. Lalu, Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) ada 112 orang dan Prodi Pendidikan Matematika (PMAT) sebanyak 27 orang.

“Sedangkan, pembekalan PKM II diikuti oleh Prodi PBSI sebanyak 43 orang, PBIO ada 26 orang, PE ada 40 orang, PBI sebanyak 56 orang, PGSD ada 167 orang dan Prodi PMAT sebanyak 42 orang,” jelasnya.

Ditambahkannya, dari jumlah data peserta PKM I dan II itu, akan melaksankan Praktek Pengalaman Mengajar (PKM) selama enam (6) hari. Untuk PKM I, akan dimulai pada tanggal 28 Januari – 02 Februari 2019.

“Untuk PKM II akan dimulai pada tanggal 06 Februari – 12 Februari 2019. Mereka akan disebar di 36 sekolah yang ada di Kabupaten Kuningan, yaitu untuk 18 Sekolah Dasar (SD), 6 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 12 Sekolah Menegah Atas dan Kejuruan (SMA / SMK),” tambahnya.

Kegiatan PKM I bertujuan untuk membangun landasan jatidiri calon pendidik serta memberikan pengalaman awal kegiatan persekolahan melalui kegiatan observasi (pengamatan).

“Sedangkan, untuk PKM II lebih memantapkan kompetensi pedagogic dan professional serta memantapkan kemampuan awal guru melalui kegiatan telaah dan pengembangan perangkat pembelajaran sehingga dengan demikian diharapkan mahasiswa dan mahasiswi dapat mengikuti kegiatan PKM I dan II dengan baik sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai,” pungkasnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com