500 Pencari Kerja Datangi SMKN 4 Kuningan

CIDAHU (MASS) – Job Mathing 2019 yang digelar SMKN 4 Kuningan di Jalan Raya Cikeusik No 73 Cidahu, mendapat sambutan antusias dari masyarakat. Terbukti dari catatan panitia, calon tenaga kerja yang berkunjung ke lokasi kegiatan tersebut mencapai sekitar 500 orang.

“Antusiasme pengunjung selama 3 hari ini cukup tinggi. Berdasarkan data di panitia para calon tenaga kerja yang hadir mencapai sekitar 500 orang,” sebut Kepala SMKN 4 Kuningan, Ramdan SPd MSi.

Job Matching ini merupakan program pemasaran tamatan SMK yang digulirkan Direktorat Pembinaan SMK Kemendikbud RI. Dari rangkaian program tersebut, diantaranya pelaksanaan Pameran Bursa Kerja (Job Fair) yang diikuti 22 perusahaan.

“22 perusahaan dari berbagai kawasan industri ini melaksanakan seleksi tes rekrutmen tenaga kerja tingkat menengah untuk seluruh alumni SMK/sederajat yang ada di wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning),” terangnya.

Tahun ini, pelaksanaan program dilangsungkan di kampus SMKN 4 Kuningan yang beralamat di Jl Raya Cikeusik No 73 Cidahu, Kuningan 45595 Telp 0231-8666972 sejak Rabu (17/7/2019) sampai Jumat (19/7/2019).

“Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai upaya untuk memasarkan lulusan-lulusan SMK/sederajat untuk dapat terserap di Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI), sehingga dapat menurunkan tingkat pengangguran di wilayah Kuningan khususnya dan di Jawa Barat pada umumnya,” jelas Ramdan.

Job Matching di SMK Negeri 4 Kuningan dibuka oleh Kepala Bidang PSMK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat mewakili Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Hadir Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah X yang diwakili oleh Kasubag Dinas Pendidikan Wilayah X Provinsi Jawa Barat.

Bupati H Acep Purnama diwakili Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kuningan, Drs H Sadudin MSi. Hadir pula TOP KARIR, DU/DI, serta unsur Muspika Kecamatan Cidahu, Forum BKK Kabupaten Kuningan dan stakeholder lainnya.

Diakhir kegiatan, Job Matching ini ditutup Jumat tadi oleh Ramdan selaku kepala sekolah. “Kami atas nama panitia penyelenggara Job Matching SMK Negeri 4 Kuningan Tahun 2019 mengucapkan terimakasih kepada seluruh unsur yang telah ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, terutama kepada pihak DU/DI/Perusahaan dan TOP KARIR yang telah berkenan hadir dan berpartisipasi sampai akhir kegiatan serta mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang berkenan selama kegiatan berlangsung,” ucapnya.

Kepada alumni-alumni SMK/sederajat, ia mengungkapkan, meski kegiatan telah berakhir namun pihaknya tetap membuka kesempatan bagi yang berminat kerja. Ramdan menyilahkan untuk datang ke BKK SMK Negeri 4 Kuningan setiap hari kerja, Senin-Jum’at, pukul 08.00-16.00 WIB. Sebab Job Matching ini terus berkelanjutan sampai Desember 2019.

“Bagi yang tidak bisa datang langsung ke BKK SMK Negeri 4 Kuningan, kami memfasilitasi para pencari kerja melalui aplikasi TOP KARIR, untuk dapat mengakses lowongan kerja di berbagai perusahaan yang bermitra dengan SMKN 4 Kuningan secara online. Aplikasi TOP KARIR bisa di download terlebih dahulu di playstore, atau juga bisa melaui website TOP KARIR Indonesia,” serunya. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com