338 Orang Berebut Melalui Jalur Prestasi

KUNINGAN (MASS)- Sebanyak 388 calon mahasiswa baru (Camaba) Universitas Kuningan (Uniku) dari berbagai sekolah, mengikuti proses seleksi jalur khusus penerimaan mahassiswa baru tahun akademik 2019 – 2020. Proses seleksi camaba  melalui jalur prestasi akademik maupun non akademik, jalur bidikmisi dan hafiz qur’an itu, berlangsung di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Universitas Kuningan (Uniku), Sabtu (20/04/2019).

Menurut  Rektor Uniku, Dr H Dikdik Harjadi MSi pihak memberikan ruang bagi yang berprestasi dalam berbagi bidang untuk bergabung. Ini merupakan komitmen Uniku bagi masyarakat yang anaknya punya kemapuan.

“Kita buka berbagai jalur untuk masuk . Seperti contoh untuk hafiz qur’an kita sedikan beasiswa,” jelas Dikdik.

Diterngkan,  saat ini Uniku yang sudah terakreditasi institusi “B” BAN-PT dan urutan perguruan tinggi ke-39 di Jawa Barat itu. Sampai saat ini sudah memiliki 5 Fakultas, 1 Sekolah Pascasarjana dan 18 Program Studi (prodi) atau jurusan.

Dilihat dari akreditasinya, Uniku hampir 80 % sudah terakreditasi B bahkan ada salah satu Prodi yang sudah terakreditasi A. Adapun  5 Fakultas diantaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ekonomi (FE) Fakultas Ilmu Komputer (FKOM), Fakultas Kehutanan (Fahutan), Fakultas Hukum (FH) dan 1 Sekolah Pascasarjana. Didalamnya, ada 18 Prodi yang hampir 80% sudah terakreditasi B, 14 Prodi terakreditasi B, 1 Prodi sudah terakreditasi A dan sisanya lagi proses menuju B.

Dilihat dari sumber daya manusia (SDM), Uniku memiliki ratusan dosen dan sudah banyak yang bergelar doktor dan banyak juga dosen yang sedang proses melanjutkan S3. Uniku yang berada di kaki gunung ciremai, sudah melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi baik itu di dalam negeri maupun luar negeri.

“Uniku yang memiliki ratusan dosen dan sudah banyak dosen sudah yang bergelar doktor serta banyak juga dosen yang sedang proses melanjutkan S3 yang tersebar di dalam negeri maupun luar negeri,” jelasnya.

Uniku juga menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Di dalam negeri Uniku menjalin kerjasama dengan Unpad, ITB, UPI, Unsoed, Pemprov Jabar dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia, Pembaharuan MoU dengan Pemda Kabupaten Kuningan, Lapas II Kuningan, BNN Kabupaten Kuningan, UMM, IPB dan Unpas. Sedangkan, kerjasama Uniku di luar negeri yaitu dengan empat (4) perguruan tinggi yang ada di Thailand dan empat (4) perguruan tinggi di Filifina.

Ditambahkannya, bukan hanya menjalin kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di dalam maupun di luar negeri saja, di Uniku juga memiliki beberapa beasiswa bagi mahasiswa dan mahasiswi Uniku diantaranya beasiswa bidikmisi, Pemprov Jabar, BPPA Kemenristek Dikti, Baznas Kabupaten Kuningan dan Majalengka dan terakhir beasiswa dari Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK).

“Uniku juga memiliki beasiswa yang diperuntukan bagi mahasiswa dan mahasiswinya seperti  beasiswa bidikmisi, Pemprov Jabar, BPPA Kemenristek Dikti, Baznas Kabupaten Kuningan, Baznas Kabupaten Majalengka dan terakhir beasiswa dari Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK),” tambahnya.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com