12 Piala Dibawa Pulang

KUNINGAN (MASS) – MTs Ar-Raswad Desa Cengal Kecamatan Japara menjadi juara umum pada Gebyar Pramuka VI yang diselenggarakan oleh Uniku (2-3/3/2019). Sebanyak 11 Piala dan 1 Piala Bergilir dibawa pulang oleh kontingen Gugus Depan 20035-20036 MTs Ar-Raswad.

Kontingen yang berjumlah 100 siswa dibimbing langsung oleh Pembina Pramuka Iim Saiman SPd dan Tuti Haryati SPd. Keseratus siswa itu terbagi kedalam beberapa kategori lomba yang disiapkan oleh panitia.

Pembina Pramuka Putera Iim Saiman SPd mengatakan, hal penting dalam menggapai prestasi yaitu motivasi. Setiap latihan selalu dimotivasi bahwa pramuka adalah sebuah hobi bukan paksaan untuk ikut ekstrakurikuler sehingga siswa menikmati dan merasa enjoy dalam latihan, termasuk perlombaan.

“Ketika kami mengirimkan jumlah banyak, tujuan kami bukan mengejar tropi melainkan mencari pengalaman lebih luas. Sehingga mereka berangkat lomba tidak memiliki beban sama sekali karena tidak ditekankan untuk membawa piala. Alhasil yang namanya hasil insya allah tidak mengkhianati proses,” ujar Iim, Selasa (5/3/2019).

Dengan raihan prestasi siswanya, lanjut Iim, pihak sekolah bersyukur bahwa sekolah yang berlokasi di wilayah terpencil bisa menorehkan prestasi yang sangat membanggakan di tingkat kabupaten. Iim berharap MTs Ar-Raswad bisa dikenal masyakarat umum khususnya dibidang kepramukaan yang ditonjolkan.

“Dan juga menjadi pemicu semangat bagi anak-anak untuk terus berprestasi karena ini bukan pertama. Selama tiga tahun ke belakang, lebih dari 50 tropi/piala yang kami dapatkan. Bahkan ada satu siswa yang diikutsertakan di Jambore Nasional. Artinya sekolah kami bisa berprestasi di tingkat Nasional,” lanjut Iim.

Sementara itu, Kepala MTs Ar-Raswad Apang Faoriah SPdI mengatakan, MTs Ar-Raswad yang sudah lama berdiri bisa menorehkan prestasi yang luar biasa terutama dibidang kepramukaan.

“Masih banyak bidang lainnya yang bisa dimunculkan, namun kesempatan itu terkendala dengan SDM guru, siswa, sarana dan prasarana. Untuk tahun ini sedang diprogramkan pengembangan bidang lain supaya bisa seperti pramuka,” jelas Apang.

Kepala Sekolah, Pembina Pramuka dan siswa foto bersama usai penyerahan piala ke pihak sekolah.

Menurutnya, prestasi yang diraih tidak terlepas dari kerja keras para guru dan siswa. Dengan keterbatasan fasilitas yang dimiliki oleh sekolah, MTs Ar-Raswad mampu bersaing dengan sekolah lain yang memiliki fasilitas memadai.

“Kepada lembaga pemerintahan yang terkait, bisa dilihat sarana dan prasarana yang dimiliki MTs Ar-Raswad yang tidak begitu maksimal tapi bisa menorehkan prestasi yang luar biasa. Sebagai kepala sekolah, saya memohon bantuannya agar potensi siswa di sekolah kami bisa dimaksimalkan,” harapnya. (ali)

Berikut rincian lomba yang dijuarai:

– TROPI bergilir UMUM

– Juara umum penggalang

– Juara 1 penggalang

– Juara 1 pionering

– Juara 2 pionering

– Juara harapan 3 pionering

– Juara tercepat putra

– Juara kostum putri

– Juara kostum putri

– Pangkalan terfavorit

– Juara best sosmed

– Juara joged komando putra

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com