Cibeureum Akan Diproyeksikan Jadi Desa Wisata Kopi

KUNINGAN (MASS) – Ketua GenBI Korkom Cirebon, Yopi Hidayat menyebut sedang memproyeksikan Desa Cibeureum Kecamatan Cilimus, Kuningan sebagai desa binaan Bank Indonesia yang diharapkan jadi Desa Wisata Kopi. Hal tersebut diutarakannya setelah beberapa waktu lalu melakukan “Bersih Indonesia” di desa tersebut.

“Ini sebagai bentuk kepedulian dari Bank Indonesia khususnya perwakilan Cirebon terhadap masyarakat,” ujarnya pada Kuninganmass.com, Selasa (3/12/2019).

Dari keterangan mahasiswa asal Kuningan tersebut, sejak pertengahan tahun 2018, Desa Cibeureum telah mendapat perhatian khusus dari Bank Indonesia Kantor Perwakilan Cirebon. Desa Cibeureum dianggap memiliki potensi wisata yang perlu untuk dikembangkan.

“Tanaman kopi berjenis robusta yang tumbuh subur di daerah dataran tinggi ini merupakat suatu aset yang perlu dirawat dan dikembangkan secara terus-menerus demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mendorong sektor pariwisata,” terangnya.

Dirinya menyebut, Bank Indonesia telah memberikan beberapa bantuan fasilitas beruapa alat pengolahan kopi kepada kelompok tani Desa Cibeureum untuk dapat dioperasikan untuk meningkatkan produksi dan juga mengedukasi para pengunjung yang sedang berwisata di desa.

“Adanya Situ Sanghyang Kendit semakin menambah daya tarik Cibeureum sebagai desa wisata,” tuturnya.

Dirinya menyebut, kegiatan “Bersih Indonesia” di Desa Cibeureum yang bertema “Cibeureum BISA: Bersih, Indah, Sejuk, dan Asri” tersebut merupakan bentuk implementasi komitmeun membina Desa Cibeureum.

“Pada Rabu (27/11/2019) lalu kita adakan acara, banyak itemnya, edukasi mengenai CIKUR (Ciri-ciri keaslian uang rupiah). Ada juga kegiatan bersih-bersih area sekitar tempat edukasi kopi dan Situ Sanghyang Kendit. Pengolahan sampah melalui ecobrik, dan cek kesehatan gratis,”paparnya.

Yopi mengaku Bank Indonesia terus berkomitmen untuk mengambangkan potensi-potensi yang ada di daerah-daerah, utamanya yang dapat mendukung perekonomian. Adanya kegiatan Bersih Indonesia dan pembinaan Desa Wisata Kopi Ciberureum ini diharapkan dapat mengangkat perekonomian warga. (eki)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com