DPMPTSP Fasilitasi Kerjasama UKM Antar Daerah

KUNINGAN (MASS)- Dalam upaya pengembangan UKM dan IKM di Kabupaten Kuningan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Kuningan terus bergerak.

Salah satu caranya adalah memfasilitasi kerjasama UKM dengan daerah lain. Kegiatan  Fasilitasi  Kerjasama Antar Daerah  dan Pengembangan Kapasitas Usaha tahun 2019 digelar selama dua hari.

Menurut Kepala DPMPTSP Drs Lilis Suherli MSi kegiatan ini digelar di Mayang Catering selama dua hari yakni 9-10 Juli. Acara dilanjutkan benchmarking ke Floating Market Lembang–Bandung.

“Selain memenuhi undangan dari Owner Floating Market kami akan melaksanakan MoU dengan harapan produk-produk UKM,IKM Kabupaten Kuningan dapat dikerjasamakan dengan Floating Market dalam upaya pengembangan dan pemasarannya,” jelasnya.

Lili menyebutkan, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan dalam upaya pengembangan UKM dan IKM dengan melibatkan unsur perangkat daerah sebagai pemangku kebijakan dan memfasilitasi dalam meningkatkan kerjasama dengan daerah lain di luar Kabupaten Kuningan.

“Dengan harapan dapat menjaring maupun menciptakan peluang pengembangan usaha UKM dan IKM ukm yang mendorong tumbuh kembangnya investasi khususnya di Kabupaten Kuningan,” jelasnya.

Diterangkan untuk mendorong pelaku usaha agar terus berkembang, pihaknya selalu mengimbau kepada pihak yang berkenaan dengan investasi untuk terus membantu dan mensosialisasikan program-program  kemudahan  berusaha yang dapat meningkatkan pegembangan investasi. Hal ini sesuai peraturan presiden  nomor  91 tahun 2017 tentang percepatan pelaksanaan berusaha.

“Saya menyadari masih  cukup banyak UKM dan IKM  di Kuningan yang harus mendapatkan  dorongan dan dukungan dalam pengembangannya agar layak dipromosikan dan memiliki nilai jual,” tandasnya.

Ia sangat berharap kepada pihak swasta maupun BUMN yang ada di Kuningan maupun di luar bisa terus berkesinambungan menjalin kerjasama dengan pengusaha UKM  dan IKM dalam perluasan pemasaran, pengembangan usaha maupun permodalan sehingga produk yang tersebar di desa-desa mampu menerobos pasaran di luar Kuningan.

“Tentu akan berdampak pada kesejahteraaan masyarakat dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Kuningan “maju (mamur, agamis, pinunjul berbasis desa )tahun 2023”,” tandasnya.

Pada acara ini hadri Asda II Setda Kuningan Dadang Supadan MSi,  Kepala Divisi Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) dan Pengembangan Kelompok (PK) PT PNM (Persero). Lalu, Pimpinan Cabang PT PNPM Cabang Cirebon  dan Kabid Perencanaan Pengembangan Ikklim dan Promosi Penanaman Modal (PPIPPM). (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com