Dilatih Mandiri, Ibu-ibu Belajar Bikin Kue

KUNINGAN (MASS) – Pemberdayaan kaum perempuan di Kabupaten Kuningan terus dilakukan oleh Bidang Pemberdayaan pada Dinsos PP dan PA. Sebagai bukti selama tiga hari Selasa, Rabu dan Jumat (10,11, dan 13 April 2018) digelar pelatihan kewirausahaan bagi kelompok PEKKA atau Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga.

Kegiatan yang dihelat di Gedung Wanita itu bukan hanya fokus untuk Pekka saja tapi juga Desa Prima. Total ada 17  kelompok  (setiap kelompok dua orang) dengan rincian 14 Pekka dan 1 calon Pekka dan dua Desa Prima.

Menurut Kadinsos PP da PA Kuningan H Uus Rusnandar  Pelatihan melalui Kabid PP Hj Iin Hartini MSi, pelatihan kewirausahaan difokuskan kepada pembuatan kue kering dan kue basah. Selain itu juga  dilakukan praktek memasak dan tata cara pemasaran produk.

“Tujuan kami dengan adanya acara ini adalah  meningkatnya pengetahuan dan keterampilan perempuan anggota kelompok PEKKA dan Desa Prima dalam mengelola usahanya. Lalu,  meningkatnya usaha kelompok pemberdayaan ekonomi perempuan khususnya PEKKA dan Desa Prima,” ujar  Iin kepada kuninganmass.com.

Sementara itu, para peserta tampak antusias mengikuti kegiataan ini  terlebih membuat kue yang merupakan kesukaan para ibu-ibu. Para narasumber yang dihadirkan pun merupakan orang kompeten dibidangnya.

“Kaum perempuan merupakan SDM yang harus dikembangkan potensinya untuk mendukung program pembangunan. Peran perempuan dalam pembangunan bangsa Indonesia sangat besar dan merupakan aset bangsa yang potensial dan kontributor yang signifikan dalam pembangunan ekonomi, baik sebagai agen perubahan maupun subyek pembangunan,” tandas Iin lagi.

Dikatakan, partisipasi perempuan dalam pertumbuhan ekonomi yang sangat penting itu, tidak hanya untuk menurunkan tingkat kemiskinan di kalangan perempuan, tetapi juga sebagai pondasi yang kokoh di sektor lain.

Perempuan adalah agent of development yang perannya sangat dibutuhkan dalam perkembangan perekonomian. Keberdayaan perempuan di bidang ekonomi adalah salah satu indikator meningkatnya kesejahteraan.

“Saat perempuan menjadi kaum terdidik, mempunyai hak-hak kepemilikan, dan bebas untuk bekerja di luar rumah serta mempunyai pendapatan sendiri, inilah tanda kesejahteraan rumah tangga. Setiap perempuan harus memiliki kemandirian secara ekonomi, agar dirinya punya kuasa dan posisi dalam hubungan domestik, keluarga, dan lingkungan sosial,” sebutnya.

Sementara itu, acara dibuka oleh Asisten Pemerintah Setda Kuningan Maman Hermansyah. Dalam sambutannya mantan Kadisdukcapil itu berpesan program ini merupakan salah satu upaya pemerintah bersama masyarakat untuk penanggulangan kemiskinan melalui peningkatan usaha ekonomi keluarga yang tergabung dalam kelompok atau perorangan, sehingga secara bertahap diharapkan mampu menjadi wirausaha.

Lalu,  meningkatkan tumbuhnya kegiatan yang bersifat kooperatif, antara lain melalui kelompok perempuan kepala keluarga (PEKKA), kelompok prima dan kelompok desa prima.

“Penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini kami anggap sangat penting dan strategis mengingat untuk peningkatan usaha ekonomi perempuan perlu dibekali pengetahuan dan keterampilan yang cukup memadai. melalui pelatihan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan bagi ibu-ibu guna lebih meningkatkan dan mengembangkan usahanya,” ujarnya.

Berikut  Peserta Pelatihan

1 PEKKA MELATI Kelurahan Cigintung Kecamatan Kuningan 2 Orang

2 PEKKA MELATI 2 Kelurahan Cigintung Kecamatan Kuningan

2 Orang 3 MELATI PRIMA Kelurahan Cigintung Kecamatan Kuningan

2 Orang 4 CEMPAKA PRIMA Kelurahan Cipari Kecamatan Cigugur

3 Orang 5 PEKKA ANGGREK Desa Nusaherang Kecamatan Nusaherang

2 Orang 6 PEKKA TERATAI Desa Ciherang Kecamatan Kadugede

2 Orang 7 PEKKA SEJAHTERA Desa Padarek Kecamatan Kramatmulya

3 Orang 8 SHOLEHAH DESA PRIMA Desa Mandalajaya Kecamatan Maleber 3 Orang 9 PEKKA DAHLIA Desa Japara Kecamatan Japara

3 Orang 10 SRI REJEKI DESA PRIMA Desa Muncangela Kecamatan Cipicung

2 Orang 11 PEKKA RUMPUN BAMBU Kelurahan Sukamulya Kecamatan Cigugur

2 Orang 12 PEKKA MADU SERASI Desa Dukuhlor Kecamatan Sindangagung

3 Orang 13 PEKKA BAROKAH Desa Cilowa Kecamatan Kramatmulya

2 Orang 14 PEKKA JEMBAR Kelurahan Cigadung Kecamatan Cigugur

3 Orang 15 PEKKA AMANAH Desa Ancaran Kecamatan Kuningan

2 Orang 16 PEKKA EDELWEIS Desa Cisantana Kecamatan Cigugur

2 Orang 17 CALON PEKKA GUNUNGKARUNG Kecamatan Luragung.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com