Delapan Stan UKM Meriahkan Jambore Kompepar

KUNINGAN (MASS) – Selama dua hari (Sabtu dan Minggu) bakal digelar Jambore Kompepar. Acara ini digelar di kawasan wisata Cigugur yakni Sukageri View.

Menurut  Ketua Kompepar Kuningan Drs H Nana Juhana MM yang didampingi Sekretaris Kompepar Ritto Riswanto MPar kegiatan dimulai Sabtu siang sekitar jam 13.00 WIB. Peserta yang hadir berjumlah ratusan orang.

Ritto yang juga Kasi Pengembangan SDM  Disporapar Kuningan mengatakan, penyelenggara kegiatan adalah Disporpar Kabupaten Kuningan bekerjasama dengan Kelompok Penggerak Pariwisata se Kabupaten Kuningan. Selain  itu didukung oleh Kelompok Penggerak Pariwisata dari Kabupaten/Kota lain di Jawa Barat.

Mengenai maksud digelar Jambore adalah untuk mendapatkan input program dari setiap local pada rakor Kompepar, serta penyampaian isue strategis melalui talkshow dengan menghadirkan stakeholders.

Selain itu juga, menjalin silaturahmi dan sharing tentang tata kelola daya tarik wisata, bersama seluruh kelompok penggerak pariwisata yang dikemas dalam bentuk Gathering.

“Dan poin terakhir mewujudkan kegiatan ekonomi masyarakat yang berorientasi focus pada kepariwisataan, yang membawa effect ganda,” tandasnya.

Sementara tujuannya adalah mendorong kebijakan yang mengarah pada pembangunan kepariwisataan secara makro di Kabupaten Kuningan, yang menitikberatkan pada kualitas pelayanan dan SDM.

Dalam acara ini lanjut dia, pihaknya akan mengundang Plt Bupati Kuningan Dede Sembada.  Kehadiran Desem pun untuk pengukuhan kepada 7 kompepar. Sedangkan untuk Rakor lebih membahas Perumusan Program Kerja dan Agenda Kegiatan (format isian).

“Untuk kegiatan sosial kami juga akan melakukan   Penanaman Pohon, pembagian sarana keybersihan dan  kampanyeu Sadar Wisata dan Aksi Sapta Pesona,” tandas Ritto yang mengaku akan melakukan rapat satu kali lagi untuk mematangkan acara.

Pria yang tidak lepas dari iket Sunda ini menambahkan,  akan digelar pula Workshop/Pameran KUKM dan Talkshow. Adapun temanya adalah strategi pengembangan BUMDES melalui Pariwisata dan UKM.

Pihak terkait yang diundang adalah  Bappeda, Disporapar, BTNGC, DLHK, KUKM,  Dinas Bina Marga dan Cipta Karya, DPRD Kabupaten Kuningan. Acara ditutup  Live Music – Etnic dan Kontemporer ( Tribute To Rock).

“Pengunjung objek wisata bisa berbelanja di STAN UKM yang sediakan hasil kerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM,” ujar Ritto  Sabtu (12/5/2018).(agus)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com