Dede Yusuf: Pramuka Kuningan Harus Juara Pertama

KUNINGAN (Mass) – Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat Dede Yusuf Macan Effendi atau yang akrab disapa Dede Yusuf berharap, agar Kabupaten Kuningan menjadi pramuka tergiat terbaik pertama di wilayah III Cirebon. Hal itu disampaikan Dede Yusuf usai melantik secara resmi Rana Suparman SSos menjadi Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Kuningan, Kamis (11/5).

“Jadi diharapkan, di tangan Kak Rana apalagi sebagai Ketua DPRD ya, targetnya tahun depan harus tergiat terbaik pertama di wilayah III Cirebon. Kenapa demikian, karena Jabar ini punya cita-cita sebab pramuka Jabar ini tergiat terbaik kedua tingkat nasional, bersaing dengan Jawa Tengah,” ucap Dede disambut riuh tepuk tangan ratusan anggota pramuka Kuningan.

Dilantiknya Kwarcab kepengurusan periode tahun 2017-2022 itu lanjutnya, diharapkan menjadi sebuah kekuatan baru. Sebab, beberapa waktu lalu untuk wilayah III Cirebon bahwa tergiat terbaiknya yakni Majalengka.

“Karenanya, dibawah kepengurusan baru ini bisa membawa Kuningan menjadi tergiat terbaik pertama tahun depan,” tandasnya.

Terlebih, pihaknya memiliki cita-cita ingin menjadikan pramuka di Jabar menjadi juara pertama tingkat Nasional. Sebab, Jabar tidak akan bisa menjadi tergiat terbaik pertama tingkat nasional jika tidak ada kegiatan-kegiatan kepramukaan.

“Jadi kita saling suport ya, bagaimana Jabar menjadi yang pertama di Indonesia,” tandasnya.

Ketua Kwarcab Pramuka Kuningan Rana Suparman SSos menuturkan, pramuka harus menjadi garda terdepan untuk menunjukan kepada dunia bahwa pramuka Indonesia adalah pandu ibu pertiwi.

“Dasar filosofis bangsa kita tercermin seutuhnya di pramuka, dan lebih meyakinkan lagi ketika saya menyampaikan salam pramuka, ternyata ada kalimat NKRI harga mati. Itu luar biasa, mudah-mudahan pramuka bisa menjadi embrio kekuatan yang mengawal NKRI yang kita cintai,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikpora) Dr Dian Rahmat Yanuar juga menyampaikan selamat kepada pengurus baru di jajaran Kwarcab Pramuka Kabupaten Kuningan. Semoga, kedepan kegiatan kepramukaan semakin sinergis dengan program-program Disdikbud.

“Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas anak-anak pramuka, sebab sebagian besar anggotanya merupakan para pelajar, dan ini menjadi konsen kami dalam memberikan pendidikan kharakter kepada para pelajar di Kuningan. Kita siap mendukung kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan Kwarcab Pramuka,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com