Dana Sertifikasi Baru Cair 232 Guru, Kok Bisa?

KUNINGAN (MASS) –  Ribuan guru di Kabupaten Kuningan saat ini tengah menunggu cairnya dana sertifikasi. Ternyata, dana tunjangan profesi guru (TPG) itu  sudah cair. Namun sayangnya, belum semua guru bisa mencairkan.

“Sudah cair sekitar tiga ratus guru. Kami mau membayar yang persyaratannya sudah dinyatakan lengkap oleh Disdikbud. Untuk masalah dana sudah ada tinggal membayarkan,” ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kuningan Drs Apang Suparman MSi kepada kuninganmass.com, Rabu (11/4/2018).

Pihaknya mengacu dalam proses pembayarakan kepada ajuan dari Disdikbud Kuningan. Ketika sudah kelar semua  persyaratan maka akan dibayar. Begitu juga ketika pengajuan sebagian maka akan dibayara sebagian.

Pada tahun ini lanjutnya, pembayaran mengalami peningkatan cukup besar. hal ini karena penerima sertifiaksi terus meninggat setiap tahunnya.

“Angkanya sekitar Rp70 miliar dan yang  baru bisa dicairkan kurang dari Rp1 miliar,” ujarnya.

Terpisah, Kadisdikbud Dr H Dian Rahmat Yanuar MSi membenarkan dana sertifiaksi baru sebagian. Untuk tahap 1  sudah  turun dengan jumlah SKTP (Surat Keputusan Tunjangan Profesi) I. Adapun jumlah total guru penerima adalah 232 orang. Mereka itu terdiri dari guur  SD 185 orang dan guru  SMP 47 orang. Sedangkan tahap 2 jumlah SKTP 3.

Untuk  jumlah total guru penerima adalah 4.889 guru. Dengan  rincian SD 3.714 dan guru SMP 1.175. Sedangkan sisa validasi rekening tengah dientry 324.

“Besok siap naik ke bagian keuangan. Jangan khawatir pasti cair karena uang ini hak guru,” tandas mantan Kepala Bappeda itu.

Sementara itu, informasi mengenai dana sertifikasi belum cair semuanya sudah diketahui oleh para guru. Mereka sudah mengetahui bahwa uang bakal cair pada bulan April.

“Tidak masalah belum cair ditahap pertama, yang terpenting bulan ini dibayarkan,” ucap Widya salah seorang guru kepada kuninganmass.com.

Sekedar informasi, dana tunjangan profesi guru (TPG) itu setara dengan satu kali gaji pokok. Maka pada bulan April ini akan menerima tunjangan bulan Januari-Maret. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com