Dana Rp770 Juta Disalurkan ke 212 UPZ

KUNINGAN (MASS)- Baznas Kabupaten Kuningan pada Selasa (6/3/2018) mendistribusikan zakat melalui Unit Pengumpul Zakat baik dinas, badan, lembaga, kantor,  sekolah dan madrasah. Total sebanyak Rp.770.664.698 yang disalurkamn kepada 212 UPZ.

Dana ini terhimpun dari UPZ dan dikembalikan lagi ke UPZ oleh Baznas. Dan tersebut bersumber dari zakat dan infak yang dihimpun selama setahun ini.

Ketua Baznas H Uba Sobari AK  mengatakan, UPZ  merupakan kepanjangan tangan sebagai ujung tombak pelaksanaan tugas dari Baznas. Mereka bertugas untuk mengumpulkan zakat dilingkungan yang terkait.

“Adapun dana yang terkumpul melalui UPZ akan didistribusikan sesuai dengan asnaf dengan dibantu pendistribusianya melalui UPZ,” jelas Uba.

Uba merinci dari total total sebesar Rp 770.664.698 itu disalurkan kepada lingkup dinas yakni Dinas Kesehatan Rp 36.608.722. Lalu,Di lingkup Kantor Kecamatan yakni Kecamatan Kadugede Rp5.539.670,.

Kemudian, Dilingku UPTD Pendidikan  yakni  UPTD Pendidikan Kecamatna Hantara Rp13.739.712,Di lingkup SMAN  yaitu  SMAN 1 Cilimus Rp11.307.000, Di lingkup SMP/MTs yakni MTsN Sindangsari Rp34.234.500, dan terakhir Di lingkup SD/MIN  pilihanya adalah  MIN Manis Kidul Rp12.705.250.

Sementara itu,  PLt Bupati Kuningan Dede Sembada  mengimbau kepada seluruh ASN  di Kabupaten Kuningan untuk menunaikan zakatnya melalui Baznas.

Pada kesempatan itu Desem, meminta jajaran pengurus Baznas Kabupaten Kuningan menggali potensi zakat terutama zakat harta atau zakat profesi ASN di instansi pemerintah Kabupaten Kuningan yang hingga kini masih berpeluang untuk terus dioptimalkan.

“Potensi zakat profesi masih sangat mungkin untuk digali, baru beberapa persen saja  zakat profesi yang digali oleh Baznas Kabupaten Kuningan,” katanya.

Ia berharap ke depan Baznas Kabupaten Kuningan serta UPZ di semua tingkatan untuk lebih meningkatkan intensifikasi zakat. Melalui kegiatan pendistribusian di lembaga-lembaga itu akan lebih transparan sehingga masyarakat akan lebih menaruh perhatian menyalurkan zakat melalui Baznas Kabupaten Kuningan.

Lebih lanjut Desem mengucapkan terima kasih khususnya kepada para muzaki yang telah menyalurkan zakat melalui Baznas Kabupaten Kuningan, sebagai perwujudan kepedulian sekaligus menjadi pekerjaan rumah bagi Baznas untuk meningkatkan transpransi pengeloalan serta penyaluran zakat.

“Dengan program pendistribusian zakat ini mudah-mudahan bermanfaat bagi yang berhak menerimanya dan penyempurna ibadah para muzaki terutama bagi Aparatur Pegawai Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Kuningan,” ujarnya (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com