Daerah Rawan Bencana, Warga Diberikan Ilmu Cara Penanggulangan

KUNINGAN (MASS) – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) selain mengerjakan sasaran fisik juga melaksanakan kegiatan non fisik diantaranya adalah, dengan pemberian penyuluhan dan sosialisasi. Salah satu penyuluhan yang diberikan adalah tentang penanggulangan bencana alam bertempat di Aula Desa Legokherang Kecamatan Cilebak pada  Jumat (01/03/19).

Acara tersebut diselenggarakan oleh satgas TMMD 104 Kodim 0615 /Kuningan bersama tim penyuluhan dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Kuningan. Acara  dihadiri Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD  Heru Hermawan S.Sos, Danramil 1502/ Kadugede Kapten Arh Rasyidin selaku perwira pengawas.

Ada juga Kepala Desa Legokherang, Aparatur desa Legokherang, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Pemuda. Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut secara ringkasnya adalah Pengenalan terhadap bencana.

Apa itu bencana, dan apa saja jenis-jenis bencana, Konsep kejadian bencana, Pemberitahuan kejadian bencana di daerah, Analisis bencana di kabupaten Kuningan, Penyelenggaraan penanggulangan bencana, cara mengenali bencana serta mengurangi resikonya, tugas dan fungsi relawan dalam penanggulangan bencana.

Diharapkan melalui penyuluhan tersebut masyarakat akan mengetahui apa yang harus dikerjakan dan dihindari apabila terjadi bencana di daerah khususnya desa Legokherang kecamatan Cilebak Kabupaten Kuningan.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com