Bupati Sawer Ribuan Hansip

KUNINGAN (MASS) – Hari Kamis (25/1/2018) merupakan hari bersejarah bagi anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kabupaten Kuningan. Pasalnya, mereka secara resmi dilantik menjadi anggota Linmas atau Hansip.

Aturan proses pelantikan Anggota Linmas sesuai dengan anturan Permendagari. Total ada 3.420 anggota Linmas yang dilantik. Proses Pelantikkan dilakukan di Lapangan Pandapa Paramartha.

Raut muka para anggota Linmas itu terlihat bahagia. Kedatangan mereka sejak pagi dari 376 desa keluharan dibayar dengan fasilitas yang diberikan oleh bupati melalui Satpol PP.

Anggota Linmas diberikan tempat duduk yang nyaman, mereka pun merasa teduh karena dipasangan tenda. Bukan itu saja, petugas kesehatan pun sudah berjaga sejak pagi hari, meski acara dimulai jam 09.00 WIB.

Mereka pun diberikan snak dan juga nasi kotak. Dan yang yang lebih membuat mereka bahagia adalah diberikan uang “duduk” Rp50 ribu, sehingga pulang ke rumah merasa senang.

“Saya bahagia, merasa dimanjakan. Seingat saya belum pernah diperlakukan seperti ini, terima kasih kami merasa dihargai,” ujar salah seorang anggota Linmas.

Sementara itu, Kasatpol PP Indra Purwantoro yang didampingi Plt Kabid Linmas Indra Ishaq mengatakan, apa yang dilakukan kepada anggota Linmas bagian dari memanjakan mereka. Pasalnya, selama ini peran Linmas sangat membantu pemerintah terutama dalam membantu mengamankan wilayah.

“Selama ini pun mereka bekerja secara iklas tanpa pamrih, maka sudah sepantasnya kita memperlakukan seperti ini,” tandas Indra.

Acara itu pelantikan selain disaksikan Bupati Kuningan H Acep Purnama MH, juga hadir Kapolres Kuningan AKBP Yuldi Yusman, Dandim Kodim 0615/Kuningan Kuningan Letkol Inf Daru Cahyadi Soeprapto S.Sos MM, Sekda Kuningan Drs H Yosep Setiawan MSi.

Kemudian, Perwakilan Satpol PP Provinsi Jabar yakni Kabid Linmas Yud, Kasubid Linmas Pol PP Beni P, Perwakilan Kajari, Ketua Panwaslu Jubaedi, dan Ketua KPU Heni Susiliwati.

Bupati Kuningan H Acep Purnama dalam sambutanya  menyatakan peranan Linmas di masyarakat cukup besar terutama dalam menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat. Untuk itu Bupati Acep mengapresiasi atas peran Linmas.

“Tak jarang pada saat kita tidur, para Linmas tetap siaga menjaga lingkungan sekitar. Beitu pula ketika ada hajatan, bencana serta orang meninggal Linmas turut berperan membantu,” kata Bupati Acep Purnama dalam sambutannya.

Tak terkecuali pada saat menjelang pemilihan kepala daerah, Linmas pun turut berartisipasi aktip dalam menjaga kondusifitas masing-masing desa/kelurahan. Terkait hal itu Bupati Acep mengingatkan agar anggota Linmas meningkatkan perannya pada dalam penyelenggaraan pilkada pada tanggal 27 Juni mendatang.

“Saya berharap dalam penyelenggaraan mendatang Linmas bekerja sama Pilkada 2018   Linmas mampu bekerja sama  dengan pihak kepolisian, TNI, KPU, dan Panwaslu dalam menjaga kondusifitas masyarakat.

Bupati percaya bahwa Linmas  akan melaksnakan tugas dengan baik sesuai tanggungjawab , yang diberikan, karena dibekali pengetahuan serta arahan dari instansi terkait dalam hal ini Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Kuningan.

Pada kesempatan itu bupati juga berjanji akan menaikan insentif yang selama ini diberikan.  Kalau sebelumnya Rp200 ribu/tahun, maka tahun 2018 menjadi Rp500 ribu. Dengan rincian 400 ribu insentip dan Rp100 ribu berupa sembako.

“Saya juga memimikarkan asuransi kesehatan bagi Linmas agar ketika sakit tidak perlu repot. Begitu juga asuransi ketenagakerjaan,” jelasnya.(agus).

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com