Biar Kuat dan Sehat, Prajurit TNI Disuntik

KUNINGAN (MASS)- Kondisi Kesahatan sangat perlu apalagi kesehatan seorang Prajurit dan PNS.  Dengan tuntutan Tugas yang sangat padat seorang prajurit dan PNS harus sehat dan kuat.

Untuk menguji kekuatan instansi TNI sudah ada dengan semapta periodik. Sedangkan untuk kesehatan selain dengan Penyuluhan Kesehatan yaitu dengan pemberian Vaksinasi Hepatitis B.

Letkol Inf Letkol Daru Cahyadi Soeprapto S.Sos MM melalui Perwira Seksi personel Kodim 0615/Kuningan Kapten Inf Nandang Hendarsyah menyebutkan, kegiatan pemberian vaksin dilakukan Kodim 0615/Kuningan bekerjasama dengan Denkesyah 03.04.03 Cirebon kepada  anggota Kodim 0615/Kuningan. Total ada 67 orang yang disuntik.

Kegiatan  dihelat  di Gedung Mashud Wisnu Saputra Kodim 0615/Kuningan Jalatm RE Martadinata No.97 Ciporang Kecatamtan Kuningan pada  Kamis (8/3/2019). Kegiatan Vaksinasi Hepatitis B dilaksanakan dengan 3 tahap.

“Tahap pertama bulan Maret, tahap 2 bulan April dan tahap ke 3 bulan Juni 2018. Hepatitis B adalah infeksi serius pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV),” jelasnya.

Hepatitis B bisa menyebabkan kondisi akut dan kronis pada pasien. Jika sudah memasuki level kronis, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderitanya.

Penyakit ini juga lanjutnya, termasuk penyakit yang sangat mudah menular. Penularan hepatitis B dapat melalui kontak dengan darah atau cairan tubuh lain penderita.

“Resiko penderita akan makin tinggi jika tidak memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini,” tambahnya.

Faktor geografis juga memiliki peran yang cukup penting dalam penularan hepatitis B. Wilayah dengan jumlah kasus hepatitis B tertinggi di antaranya adalah Asia Tenggara, Asia Timur, Asia Tengah, Afrika sub-Sahara, Eropa Timur, dan Eropa Selatan.

Semenatra itu, kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi atau mencegah terjadinya penularan penyakit Hepatitis B di lingkungan anggota Kodim 0615/Kuningan dan Keluarga. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com