Berkunjung ke Tempat Ini Bisa Melihat Hewan Langka

KUNINGAN (MASS)-  Bagi wisatawan yang ingin menikmati liburan di Kabupaten Kuningan sangat banyak pilihan. Wisata alam tentu menjadi pilihan. Salah satunya adalah Lembah Cilengkrang yang terletak di Desa Pajambon Kecamatan Kramatmulya.  Kawasan lembah Cilengkarang berada diatas ketinggian 700-800 Mdpl.

Tempat yang sunyi dengan alam yang indah sangat cocok bagi yang ingin menghabiskan  waktu di alam bebas. Tempat ini memiliki sumber air panas sehinggga menjadi sensasi tersendiri ketika berkunjung ke Cilengkrang.

Panas bumi yang terkandung di sumber air panas itu sempat dilirik oleh PT Cevron untuk dijadikan energi terbarukan. Selain bisa menikmati pemandangan alam, pengunjung juga bisa melihat elang jawa berikut sarangnya.

Hewan saat ini masuk kategori burung langka di Indonesia. Berdasarkan data dari Balai Taman Nasional Gunung Ciremai  23 individu terdiri dari 19 individu dewasa dan 4 individu anakan/ remaja.

Tentu adanya elang membuat pihak TNGC gembira karena elang jawa ini merupakan salah satu satwa yang dilindungi dan merupakan spesies nyaris punah.

“Ya, elang jawa kini bersarang di kawasan lembah Cilengkarang diatas ketinggian 700-800 Mdpl,” ucap Humas TNGC Agus Yudantara baru-baru ini kepada kuninganmass.com.

Agus menyebutkan, keberadaan elang jawa ini bisa dilihat dan selama ini pihak TNGC melakukan pemantauan melalu teropong. Para pengunjung yang ingin berwisata ke lembang Cilengkarang pun bisa melihat secara langsung.

“Biasanya pada pagi hari mereka terlihat. Setelah itu mereka terbang mencari mangsa,” ucap Agus lagi.

Diluar itu juga berkembang elang jenis lainnya seperti elang bidu dan elang brontok. Elang jawa mendapatkan perhatian khusus karena populasinya yang semakin menyusut.

Diterangkan, pihanya saat ini terus mempekenalkan lebih luas keberadaan objek wisata yang berada di TNGC. Di kawasan lembang Cilengkarang bukan hanya air panas dan pemadangannya yang asri tapi ada wisata baru yakni menerpong elang jawa. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com