Bawa Ban Mobil, Ribuan Orang Turun ke Sungai

KUNINGAN (MASS) – Hari Minggu (26/8/2018) ribuan warga Kuningan tumplek di sungai. Mereka bukan untuk ngobeng atau menangap ikan, tapi untuk mengikuti kegiatan Arung Surakatiga.

Kegiatan rutin tahunan yang mulai 2018 diambil alih oleh Panitia Hari Besar Nasional Kuningan itu memang salah satu acara paling ditunggu oleh warga. Maka, tidak heran meski acara dimulai jam 08.00 WIB  tapi sejak jam 06.00 WIB peserta yang ingin mengikuti sudah hadir.

Peserta yang mengikuti lebih dari 1000 orang. Acara sendiri dibuka oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama MH. Tampak hadir Wabup Kuningan terpilih M Ridho Suganda dan juga mantan Bupati Kuningan dua periode H Aang Hamid Suganda.

Star Arung Surakatiga dimulai di pintu air Saluran Surakatiga di Kelurahan Citangtu. Begitu dilepas oleh bupati raut muka peserta tampak bahagia.

Mereka langsung menceburkan diri ke sungai dan langung menaiki ban mobil yang menjadi media untuk mengarungi sungai. Rute yang ditempuh adalah 5 KM atau dari Citangtu ke Winduhaji.

Senda gurau sepanjang rute pun terlihat. Bagi warga kegiatan ini merupakah kegiatan murah meriah. Banyak dari peserta yang membawa bendera karena acara ini bagian dari peringatan HUT RI dan juga Harjad Kuningan.

Sekedar informasi kegiatan ini merupakan olah raga air tradisional warga Kuningan khususnya warga kelurahan Winduhaji Kecamatan Kuningan. Dengan menggunakan ban bekas menyerupai perahu karet peserta mengarungi sungai sepanjang kurang lebih 5 KM.

Awalnya peserta diharuskan berkumpul di lapangan sepak bola Kelurahan Winduhaji sambil membawa ban karet masing-masing. Sekitar pukul 07.00 WIB diangkut menggunakan truk menuju pintu air Saluran Surakatiga di Kelurahan Citangtu.

Dalam kegiatan ini tidak dicari juara tapi murni untuk hiburan. Tapi peserta berkesempatan meraih  doorprize. Bahkan tidak tanggung-tanggung satu unit motor disedian panitia.

Kegiatan ini sudah digelar selama 23 kali dan  awalnya hanyalah permainan anak-anak warga sekitar saluran irigasi Surakatiga. Saat itu menjelang sore hari atau ketika libur panjang tiba, mereka bermain dengan menggunakan ban bekas.

Ternyata oleh para pemuda yang tergabung pada Himpunan Olah Raga Simpang Empat (Hols) Kelurahan Winduhaji menjadikan acara rutin dalam ulang tahun. Karena direspon warga maka PHBN mengambil alih.

Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama berharap kegiatan ini bisa menarik wisatan berkunjung ke Kuningan. Acara ini sekarang menjadi acara yang ditunggu-tunggu.(agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com