Banyak Sampah di Kali, Bupati Berang

KUNINGAN (Mass) – Disela-sela kunjungannya ke Desa Cikahuripan Kecamatan Maleber Kuningan kemarin, Sabtu (8/10), Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH melihat banyak sampah-sampah rumah tangga menumpuk di sepanjang aliran kali. Alhasil, Bupati Acep seketika itu menegur aparatur desa setempat agar Program Kali Bersih (Prokasih) bisa dijalankan untuk menjaga kebersihan kali.

“Ini peringatan sekaligus penalti untuk aparat Desa Cikahuripan, agar segera bertindak menangani masalah sampah di sungai ini. Saya minta dalam waktu secepatnya aparat dan warga desa turun untuk melaksanakan bersih-bersih sungai. Galakkan lagi Prokasih,” tegas Acep kepada aparatur desa setempat.

Pihaknya berharap, kebiasaan buruk warga membuang sampah ke sungai harus segera dihentikan karena sangat berbahaya. Tidak hanya terhadap kesehatan warga setempat, namun juga tumpukkan sampah berpotensi mengakibatkan bencana banjir.

“Wah coba lihat kalinya, penuh dengan sampah nih. Saya minta kepada Pak Kuwu dan juga Pak Sekmat ya, agar melakukan prokasih setiap seminggu sekali,” pintanya.

Dijalankannya Prokasih ini, Bupati Acep menilai, bagi kehidupan masyarakat dalam menjalankan aktifitasnya sehari-hari mampu memacu derajat kesehatan yang lebih baik. Dengan dijaga kebersihan lingkungan, maka warga satu sama lain khususnya yang bermukim di bantaran sungai, tidak merasa khawatir apabila aliran sungai lancar karena tak ada tumpukan sampah.

“Kita juga adakan tempat sampah sementara di setiap titik agar masyarakat tidak membuang sampah ke kali. Sehingga, tidak ada lagi kebiasaan, apakah itu reflek atau atau pembiaran dalam membuang sampah sembarangan,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com