Babarit di Talahab Bentuk Syukuran

KUNINGAN (MASS)- Hajat desa atau yang sering dikenal dengan nama babarit merupakan adat-istiadat yang turun temurun pada masyarakat Sunda. Babarit  bentuk syukuran atas limpahan kekayaan alam yang diberikan Allah. Warga Lingkungan Talahab Kelurahan Citangtu melakukan hal itu pada Minggu (23/9/2018).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Kuningan H Acep Purnama yang didampingi Kepala Bagian Humas Dr Wahyu Hidayah, MSi, Plt Camat Kuningan Dudi Pahrudin. Adanya acara babarit ini diharapkan masyarakat Talahab khususnya sert masyarakat kabupaten kuningan pada umumnya menjadi masyarakat yang maju dan sejahtera serta terhindar dari berbagai musibah.

Sementara itu Bupati Acep menyambut baik terselenggaranya acara babarit ini, karena dengan sering bersyukur maka limpahan rejeki akan terus mengalir. Selain, itu juga dengan Babarit maka mengingatkan kepada warga untuk selalu melestarikan tradisi leluhur.

“Dengan adanya acara babarit ini menandakan bahwa masyarakat Talahab adalah warga yang pandai bersyukur atas karunia Allah SWT”, Ungkapnya.

Menurutnya, budaya babarit harus terus dilestarikan karena merupakan salah satu asset budaya yang memiliki nilai-nilai budaya adat-istiadat masyarakat yang cukup tinggi serta merupakan penghargaan pada leluruh setempat.

“Seperti kata pepatah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, sehingga dapat dikatakan acara babarit merupakan implementasinya,”  ujar Acep.

Pemerintah Daerah lanjut Ia, akan senantiasa mendukung kegiatan-kegiatan pelestarian budaya yang ada di masyarakat kabupaten kuningan karena merupakan asset pariwisata yang berharga yang harus terus dijaga dan dilestarikan keberadaannya.

Diakhiri sambuta Acep  berharap dengan adanya acara babarit ini akan meningkatkan jalinan silaturahmi diantara warga masyarakat Talahab juga meningkatkan gotong-royong dalam membangun lingkungannya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com