Anda Wartawan? Ikuti Lomba Karya Tulis Jurnalistik

KUNINGAN (Mass)- Bagi yang mengaku wartawan dan bertugs di Kabupaten Kuningan. Ini kesempatan emas untuk menunjukan jati diri karena Bagian Humas Setda Kuningan menggelar  Lomba Karya Tulis Jurnalistik.

Menurut Kabah Humas Setda Kuninan Wahyu Hidayah MSi, kegiatan ini dihelat dalam rangak memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu juga  Hari Jadi ke-519 Kuningan.

Diterangan, ada empat poin dari tujuan digelarnya acara ini yakni meningkatkan kualitas karya Jurnalistik para wartawan di Kabupaten Kuningan. lalu, meningkatkan peran serta insan pers Kabupaten Kuningan dalam pembangunan Kabupaten Kuningan.

Selanjutnya, mensosialisasikan aneka program pembangunan di Kabupaten Kuningan dan terakhir mengembangkan motivasi dan peranserta masyarakat dalam mewujudkan Visi Kuningan Mas (Mandiri, Agamis dan Sejahtera).

“Karya yang dinilai adalah karya yang diproduksi dan dimuat atau disiarkan antara bulan Januari -awal Agustus 2017. Semua karya tulis sudah diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 7 Agustus 2017,” tandasnya.

Untuk hadiah Wahyu menyebutkan, total Rp7,5 juta.  Dengan rincian  Juara 1  Rp3 juta, juara II Rp2,5 juta dan juara 3 Rp2 juta.

Untuk lebih lengkapnya berikut persyaratan lengkap untuk mengikuti karya junalistik tersebut. Dengan hadiah cukup besar rasanya sayang apabila melewatkan kesempatan ini.

Silahkan simak info selengkapnya di bawah ini :

PENGUMUMAN

Nomor : 20/SKR-PHBN/VII/2017 TENTANG LOMBA KARYA JURNALISTIK

Tema Lomba : MENGGAPAI KUNINGAN YANG MANDIRI, AGAMIS DAN SEJAHTERA

Dengan ini diberitahukan bahwa, dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi ke-519 Kuningan , Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan akan melaksanakan Lomba Karya Tulis Jurnalistik bagi wartawan yang bertugas di Kabupeten Kuningan dengan ketentuan sebagai berikut :.

  1. PESERTA LOMBA
  2. Persyaratan Umum Peserta adalah wartawan atau jurnalis yang bertugas di wilayah Kabupaten Kuningan.

2 Persyaratan Khusus

  1. Karya yang dilombakan adalah karya jurnalistik yang sudah dimuat atau disiarkan di media massa, baik media cetak, elektronik dan media-online.
  2. Panjang Feature/Karangan Khas minimal 500 kata.

Panjang Depth Reporting minimal 750 kata.

  1. Ditulis dalam bahasa Indonesia.
  2. Karya yang dikirimkan kepada panitia berupa fotokopi karya jurnalistik (media cetak), print-out halaman media online (dikopi ke DVD atau VCD).
  3. Karya yang dinilai adalah karya yang diproduksi dan dimuat atau disiarkan antara bulan Januari s.d. awal Agustus 2017 (sebelum batas waktu penyampaian karya tulis kepada panitia). Tulislah tanggal pemuatan atau penyiaran pada naskah yang dikirimkan.
  4. Semua karya tulis sudah diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 7 Agustus 2017.
  5. Karya yang diterima harus lengkap mengikuti persyaratan yang sudah ditetapkan, apabila tidak memenuhi syarat, maka akan didiskualifikasi dan tidak akan diikutkan dalam penilaian.
  6. Karya tulis merupakan hasil karya sendiri, dengan dilampiri surat pernyataan dan karya yang dikirim belum pernah diikutkan pada lomba jurnalistik yang lain.
  7. Peserta harus memenuhi ketentuan yang berlaku, apabila terjadi pelanggaran maka peserta harus membebaskan panitia dan juri dari semua beban dan tanggungjawab bilamana terjadi tuntutan dari pihak ketiga atau pihak lainnya.
  8. JURI LOMBA Juri lomba tulis jurnalistik adalah Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuningan, Akademisi dan Praktisi Pers yang ditunjuk berdasarkan surat yang ditetapkan oleh Ketua Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) Kabupaten Kuningan Tahun 2017.
  9. TUJUAN LOMBA
  10. Meningkatkan kualitas karya Jurnalistik para wartawan di Kabupaten Kuningan.
  11. Meningkatkan peran serta insan pers Kab Kuningan dalam pembangunan Kabupaten Kuningan.
  12. Mensosialisasikan aneka program pembangunan di Kabupaten Kuningan.
  13. Mengembangkan motivasi dan peranserta masyarakat dalam mewujudkan Visi Kuningan Mas (Mandiri, Agamis dan Sejahtera).
  14. PERSYARATAN ADMINISTRASI DAN TEKNIS
  15. Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 2 (dua) karya tulis yang dikirimkan melalui email phbnkabkuningan@gmail.com
  16. Melampirkan file scan KTP dan Kartu Pers.
  17. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 19 Agustus 2017 melalui website humas.kuningankab.go.id dan penghargaan akan diberikan pada saat sidang paripurna istimewa pada saat Hari Jadi ke 519 Kuningan.
  18. JENIS KARYA TULIS JURNALISTIK
  19. Feature/Karangan Khas
  20. Depth Reporting Jenis Karya Jurnalistik Feature atau Karangan Khas adalah karya jurnalistik yang bersifat ringan dan enak untuk dibaca, membahas tentang suatu obyek, tokoh, nama di balik peristiwa, dll.

Contoh : Profil kepala desa yang berhasil, petani berprestasi, siswa teladan, obyek wisata, kisah tentang tempat atau lokasi tertentu serta tulisan-tulisan lainnya yang bersifat ringan lainnya yang menarik dan bermanfaat untuk dibaca.

Depth reporting adalah laporan reportase yang membahas suatu masalah aktual, menarik, penting dan layak untuk diketahui masyarakat yang ditulis secara komprehensif, mendalam dan tuntas yang ditulis berdasarkan hasil wawancara dengan sejumlah narasumber, observasi serta bahan-bahan referensi tertulis lainnya.

Tulisan yang diikutkan dalam lomba ini harus merunut kepada tema lomba.

  1. ASPEK PENILAIAN
  2. Ide atau gagasan penulisan.
  3. Teknik penulisan berikut tata bahasa yang digunakan.
  4. Kesesuaian dengan tema lomba.
  5. HADIAH Pemenang lomba akan mendapatkan uang pembinaan sebesar :
  6. Juara 1 : Rp. 3.000.000,00 (tiga juta rupiah).
  7. Juara 2 : Rp. 2.500.000,00 (dua juta lima ratus ribu rupiah).
  8. Juara 3 : Rp. 2.000.000,00 (dua juta rupiah).

Lain-lain Informasi lebih lanjut, dapat menghubungi Sub Bagian Analisis pada Bagian Humas Setda Pemkab Kuningan. PANITIA HARI-HARI BESAR NASIONAL KABUPATEN KUNINGAN DAN HARI JADI KUNINGAN KE-519 TAHUN 2017. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com