Amankan Lebaran, Polres Rakor Lintas Sektor

KUNINGAN (Mass) – Sebagai antisipasi dalam menghadapi dan mengamankan hari Lebaran nanti, jajaran Polres Kuningan menggelar rapat koordinasi lintas sektoral di Aula Jananuraga Mapolres Kuningan, Kamis (16/6). Rakor dihadiri langsung Kapolres Kuningan, AKBP M Syahduddi SIK MSi, Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH, Dandim 0615 Kuningan, Letkol Inf Arief Hidayat SIP, Wakil Ketua DPRD, H Uci Suryana SE, Pengadilan Negeri, Kejari Kuningan serta para stake holder lainnya.

Rakor juga bertujuan untuk melihat sejauhmana kesiapan pengamanan Lebaran Tahun 2016 di masing-masing stakeholder yang ada, serta menyiapkan langkah-langkah antisipasi baik dari segi pengamanan dan pelayanan kepada masyarakat. “Dalam rangka pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1437 H, merupakan agenda rutin yang biasa kita laksanakan setiap tahun. Tentunya, hal ini untuk memantapkan koordinasi dan kerjasama serta kemitraan antar stake holder di Kuningan,” ucap Kapolres Kuningan, AKBP M Syahduddi SIK MSi saat memberikan sambutannya.

Adanya rakor ini, pihaknya berharap bisa memberikan pengamanan dan pelayanan secara optimal demi kenyamanan masyarakat. Memasuki momentum Lebaran, dipastikan nantinya bakal dihadapkan pada tradisi mudik yang dilakukan warga masyarakat dengan melintasi wilayah Kuningan.

“Tentunya, hal ini berimplikasi pada meningkatnya aktivitas transportasi serta berkumpulnya aktivitas kegiatan masyarakat di sejumlah titik sentral keramaian. Oleh sebab itu, ini membutuhkan suatu pola pengamanan khusus, dibanding pola pengamanan lain pada umumnya,” jelasnya.

Sementara Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH berharap, Kabupaten Kuningan yang sudah dalam kondisi aman, tertib, dan kondusif agar terus terjaga dan terpelihara.

“Sebuah tradisi atau kebiasaan rutinitas tahunan saat sebelum dan sesudah Lebaran, memang kerap dilakukan warga Indonesia khususnya yang merayakan untuk pulang kampung. Ini memerlukan pemikiran dalam penanganan yan serius,” ungkapnya.

Bupati Acep juga menyampaikan terimakasihnya, kepada Polres Kuningan khususnya jajaran Sat Lantas Polres yang telah melaksanakan tugasnya dalam mengatur lalu lintas. Sehingga, dengan rekayasa jalur yang dilakukan mampu menangani persoalan kemacetan di sejumlah titik rawan macet, baik didalam kota maupun jalur perlintasan lainnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com