Amankan Arus Mudik, Polres Siapkan 41 Pos

KUNINGAN (Mass) – Menghadapi arus mudik lebaran, Polres Kuningan menyiapkan sebanyak 41 Pos yang tersebar di sejumlah lokasi yang dilalui para pemudik guna pengamanan Ops Ramadniya 2017. Pos-pos itu terdiri dari Pos Pengamanan (Pos Pam), Pos Pelayanan (Pos Yan), hingga Pos Siaga Ketertiban dan Pengaturan (Pos Gatur).

Puluhan pos itu pun, terbagi menjadi 1 posko utama di Mapolres Kuningan, dan sebanyak 6 Pos Pam yakni di Cilimus, Bojong, Kramatmulya, Taman Kota, Ciawigebang, dan Darma. Sementara untuk 2 Pos Yan di daerah Cirendang dan Linggarjati, serta Pos Gatur di 32 titik yang tersebar di Kabupaten Kuningan.

“Kemacetan itu akan sangat krodit di wilayah Cilimus, sehingga kita akan melakukan rekayasa jalur ataupun alternatif-alternatif, pada saat di jalur tersebut terjadi penguncian jalan. Utamanya di beberapa tempat wisata seperti jalur kearah wisata kolam renang Sangkanhurip diberlakukan satu arah,” kata Kapolres Kuningan AKBP Yuldi Yusman SE MSi kepada kuninganmass.com usai mengikuti rapat kordinasi lintas sektoral di Mapolres setempat, Selasa (13/6).

Pemberlakuan jalur satu arah itu lanjutnya, akan dilakukan pada saat satu hari setelah lebaran tiba. Mengenai antisipasi menghadapi lonjakan pemudik, ada beberapa hal terkait rekayasa arus lalu lintas, manajemen sistem transportasi, dan optimalisasi kapasitas jalan.

“Kita juga akan cek jalur ya, yakni jalur-jalur alternatif yang ditetapkan oleh Polda dan kita disini,” ujarnya.

Dalam pelaksanaan Ops Ramadniya 2017 itu sendiri, pihaknya melibatkan para personil gabungan baik dari unsur Polri, TNI, Satpol, Dishub, Damkar, Dinkes dan lainnya. Upaya itu dilakukan, dengan mengutamakan keselamatan serta kelancaran dalam arus mudik tahun ini.

“Operasi Ramadniya akan dimulai pada 19 Juni hingga 4 Juli 2017, berlangsung selama 16 hari. Para petugas kepolisian akan kami terjunkan untuk bersinergi dengan unsur lainnya, dalam menjamin keamanan dan kenyamanan serta kelancaran bagi para pemudik,” terangnya.

Baginya, sukses atau tidaknya dalam pelaksanaan Ops Ramadniya ini tergantung dari beberapa faktor, diantaranya menurunnya angka kecelakaan, rendahnya angka kriminalitas, terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran dalam berlalu lintas terutama bagi para pemudik. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com