Alun-alun Cigugur Akan Dimanfaatkan Jadi Pasar Rakyat

KUNINGAN (MASS)- Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH membuka acara Saresehan Forum Karang Taruna Kecamatan Cigugur Tahun 2020 di Situ Citamba Blok Citamba, Minggu (29/11/2020).

Acara tersebut di hadiri Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwiasata Kabupaten Kuningan Toto Toharudin, Camat Cigugur Didin Bahrudin, Unsur Muspika Kecamatan Cigugur, Ketua Karang Taruna Kabupaten Kuningan Elon Carlan MPd, Ketua Karang Taruna Kecamatan Cigugur  Bayu Rusman.

Bupati berharap setelah adanya kegiatan ini, dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan khususnya di Kecamatan Cigugur, umumnya di Kabupaten Kuningan.

Acep menghimbau Karang Taruna bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kuningan terutama dalam hal penyaluran bantuan sosial dan bergotong-royong bersama-sama mengatasi pandemi covid-19.

“Semoga apa yang kita lakukan saat ini dan dimasa yang akan datang senantiasa mendapatkan berkah, ridho dan perlindungan dari Allah SWT. Serta selamat bekerja dan memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat Kabupaten Kuningan.” ujarnya

Menurut Laporan Ketua Forum Karang Taruna Kecamatan Cigugur Bayu Rusman, kegiatan ini dihelat  untuk mempererat tali silaturahim dan meningkatkan pengetahuan.

Selain itu,  pemahaman anggota Karang Taruna tentang organisasi. Untuk  marasumber menghadirkan yang kompeten di bidangnya.

Hal ini sesuai program kerja jangka pendek FKT Kecamatan Cigugur yaitu FKT Kecamatan Cigugur sudah melaksanakan silaturahim ke Desa dan Kelurahan se-Kecamatan Cigugur yang di dibingkai dalam kegiatan roadshow untuk membangun komunikasi.

Kemudian, membangun sinergi serta menyerap informasi, gagasan dan masukan dengan seluruh anggota karang taruna Desa dan Kelurahan.

FKT Kecamatan Cigugur seijin Camat akan memanfaatkan Alun-alun Kecamatan Cigugur, untuk kegiatan ekonomi dengan melaksanakan pasar rakyat guna memfasilitasi pelaku usaha dan ekonomi kreatif.

Sehingga mendorong geliat ekonomi kawasan Cigugur menjadi sarana untuk penunjang pariwisata di Kecamatan Cigugur.

Dengan menghadirkan makanan Khas Kuningan, Cindramata dan Wisata Kuliner serta Pentas Kesenian dan Kebudayaan.

Dengan begini maka pemeberdayaan pemuda yang memiliki jiwa kewirausahaan dapat terwujud.

Penanganan masalah sosial khususnya bagi penyandang disabilitas dengan memberikan informasi yang positif, mengikis stigma negatif, sosialisasi dan edukasi serta memberikan pelatihan dan peningkatan kompetensi dengan harapan dapat meningkatkan potensi dan ekonomi.

Lalu, Terwujudnya bank darah Forum Karang Taruna Kecamatan Cigugur yang terintegrasi dengan bank darah yang ada di Desa dan Kelurahan.

Setelah itu berkolaborasi dengan Program BNN Kabupaten Kuningan yaitu Desa/Kelurahan bersinar (Bersih Narkoba), membangun kesadaran dan kesalehan sosial yang peduli dan tanggap terhadap permasalahan sosial di lingkungannya.

Memfasilitasi turnamen olahraga antar Desa dan Kelurahan guna mendorong pembiasaan olahraga dan membangun jiwa sportivitas serta sebagai sarana untuk mencetak calon atlit beberapa cabang olahraga dengan terbentuknya Forum Olahraga Kecamatan Cigugur

“Kami pengurus Forum Karang Taruna Kecamatan Cigugur dan seluruh anggota Karang Taruna Desa Kelurahan se-Kecamatan Cigugur siap mendukung, menyukseskan program dan Visi Misi Kabupaten Kuningan,” jelasnya.

Untuk mewujudkan 100 Desa Pinunjul dimana salah satunya adalah desa Pinunjul Pariwisata, Kecamatan Cigugur sendiri merupakan Kecamatan dengan sebagian besar desa dan kelurahan memiliki potensi dan daya tarik wisata dengan keindahan alamnya.

Ketua Forum Karangtaruna meminta arahan dan petunjuk kepada Bupati mengenai akses Jalan Lingkar dari Kelurahan Cigugur menuju Kelurahan Cipari dapat terwujud.

Sehingga menjadi sarana penunjang wisata dan mempermudah akses transportasi dari Kelurahan Cigugur ke Kelurahan Cipari, termasuk pengembangan potensi Wisata Situ Citamba agar menjadi destinasi wisata yang refresentatif di kawasan Cigugur.(agus)