Agar Mandiri, 15 Disabilitas Dilatih Kewirausahaan

KUNINGAN (MASS)- Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kuningan menggelar Pelatihan Motivasi pengembangan diri dan kewirausahaan. Acara yang dihelat selama dua hari (Kamis-Jumat) itu dilaksanakan di Yayasan Perwari Jalan Moh Toha Cirendang Kecamatan Kuningan.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kuningan Uus Rusnandar MSi melalui Kabid Rehabilitasi Sosial Endi Susilawandi AKs MSi mengatakan, ada 15 disabilitan yang mengikuti acara ini. Mereka penyandang  Tuna Daksa dan Tuna Wicara yang tersebar di 7 Kecamatan.

“Sesaui dengan undang-undang bahwa penyandang disabilitas perlu dibantu. Bahkan perusahaan diwajibkan memperkerjakan 1 persen dari jumlah para pekerja yang ada diperusahaan,”ujar Endi disela-sela acara.

Endi yang didampingi oleh Pekerja Sosial Masyrakat (PSM) Eyo AM Tarya ST mengatakan, bukan hanya memberikan pelatihan, tapi juga akan memberikan bantuan stimulan kepada penyandan disabilitas tuna daksa dan tuna wicara sesuai keinginan dan kemampuannya.

“Ada yang berwirausaha warung kelontongan, menjahit, salon, konter pulsa dan percetakan,” tandasnya.

Endi mengatakan, para narasumber yang hadir ada empat orang. Mereka  memberikan materinya berupa  Kepribadian/Etika, kekeluargaan, manajemen usaha dan motivasi.

Sementara itu,  para peserta sangat merespon baik kegaitan in. Apalagi nantinya ada pendamping yang akan memonitoring kegiatan mereka dalam mengembangkan usahan ditempatnya.

“Sangat bagus karena kami diarahkan. Ini pentinga karena kami memiliki hak yang sama dengan pemerintah,” ujar salah seorang peserta. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com