Ada Perwakilan Kuningan di Perkemahan Pramuka Santri Nusantara

KUNINGAN (MASS)-  Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat Drs H A Buchori MM memberikan sambutan dan sekaligus membuka kegiatan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) Ke-3 Tahun 2018 Tingkat Provinsi Jawa Barat. Acara ini  dihelat  di Geopark Ciletuh Sukabumi mulai Ahad (15/4).

Hadir pada kesempatan tersebut para pejabat Kanwil, para Kepala Kemenag, Para Kasi PD Pontren se-Jawa Barat.  Agenda pembukaan  sempat tertunda selama 2 jam akibat hujan deras disertai angin cukup deras

Kabid PD Pontren  H Abu Bakar Sidik yang juga  selaku ketua panitia menyampaikan laporannya bahwa kegiatan perkemahan santri tahun 2018 sekarang ini merupakan kegiatan tahun ketiga dan pada tahun ini pembiayaannya telah melibatkan pemerintah melalui APBN.

“Peserta yang hadir sebanyak 1.850 orang santri dari 70 lembaga pondok pesantren se-Jawa Barat,” ujarnya.

Acara akan  dilaksanakan dari tanggal 14-18 april 2018. Kegiatan ini bertujan sebagai ajang menyeleksi calon duta-duta Jawa Barat untuk mengikuti ajang serupa di Jambi pada 1-7 oktober mendatang.

“Oleh karena, adik-adik harus bersungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini,” tambahnya.

Sementara itu Kakanwil Provinsi HA Buchori Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat mengajak kepada santri Pramuka dan yang hadir untuk bersyukur dengan sebenar-benarnya. Syukur dengan keseriusan apalagi untuk Pramuka santri.

“Perhatikan sekeliling kita, di tempat ini lengkap sudah, ada laut, hutan, pantai dan gunung yang harus kita syukuri kebesaran–Nya”, tutur Bukhori.

Menurut Bukhori, santri itu manusia unik dan luar biasa karena hidupnya sudah ditata mulai dari pagi bangun tidur sampai pagi lagi. Dan mereka hampir 24 jam berada dibawah bimbingan dan naungan ulama dan kyai.

Mereka kedepan akan menjadi kader-kader yang berilmu dan berakhlak. Tentu ini menjadi bekal bagi masa depan Kuningan.

“Juga saya titip kepada kepala kemenag harus berusaha untuk memasukan kegiatan PPSN ini dalam DIPA tahun depan. Jangan sampai tidak ada dana, dan yang berangkat ke Ciletuh harus ada koordinasi dengan kepala kemenag masing-masing,” ujarnya.

Peresmian kegiatan PPSN Ke-3 Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2018 tersebut ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada 2 orang perwakilan dan penancapan kapak. Selain hal tersebut, pada PPSN Ke-3 Tahun 2018 kali ini Kabupaten Kuningan mengirimkan utusannya sebanyak 2 sangga Putra dari PP Al-Ikhlas dan PP Alfalah dan 2 sangga Putri dari PP alikhlas putri, serta Pembina.

“Jumlah pesertnya sebanyak 67 orang. Terimakasih kepada kepala kemenag, panitia, dan semua PP yang telah berperan aktip dalam penyelenggaraan PPSN tersebut,” ujar   kasi PD Pontren Kmememnag Kuningan Dr H Muhamad Nurdin. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com