Ada Mang Jaya di Gebyar Kunjungan Perpustakaan

KUNINGAN (MASS) – Selama dua hari yakni Selasa-Rabu (28-29/20017) Dinas Kerasipan dan Perpusatakann Kuningan menggelar acara Gebyar Kunjungan Perpustakaan. Dalam kegiatan ini digelar beragai acara mulai dari bazar mitra Perpudes, TBM, lomba cerita daerah, dan Pencanangan “Kuningan Bercahaya”, Kuningan Belajar dan Membaca Sepanjang Hayat.

Selain itu juga Penganugrahan Bunda Literasi kepada Ketua Tim Penggerak PKK oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat. Lalu, Penobatan Duta Baca Kabupaten Kuningan dan Penobatan Duta Perpustakaan Kabupaten Kuningan.

“Gebyar  Kunjunga Perpustakaan adalah Menumbuhkembangkan minat baca dikalangan masyarakat dan menjadikan perpustakaan sebagai sarana penunjang pendidikan,” sebut Kadis Kerasipan dan Perpusatakann Kuningan Drs Ucu Suryana MSi.

Selain itu, juga untuk  meratakan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat dengan memanfaatkan fasilitas perpustakaan. Lalu, membantu perpustakaan umum dalam mengembangkan pendidikan nonformal kepada publik luas.

Kemudian juga,  memperkenalkan buku-buku dan bahan pustaka lainnya kepada publik, memperkenalkan jasa perpustakaan kepada publik, meningkatkan minat baca dan mengembangkan cinta buku pada masyarakat.  Dan yang terakhir untuk meningkatkan banyaknya kunjungan ke perpustakaan umum Kabupaten Kuningan.

Pada acara gebyar lanjut Ucu, dilakukan penyerahan bantuan buku sejumlah kurang lebih 8.000. Buku itu untuk diberikan kepada  5 Pondok Pesantren, 20 Perpustakaan Sekolah dan  60 Perpustakaan Desa/Kelurahan.

“Untuk lomba cerita daerah/silsilah desa kami sengaja hadirkan sang maestro dongen Sunda Mang Jaya. Selain itu juga penulis ternama Fandu Hamzah,” sebutnya.

Sementara itu,  Bupati Kuningan H Acep Purnama yang hadir dalam acara ini  mengajak masyarakat untuk membudayakan membaca dimulai dari lingkungan keluarga. Pasalnya, lingkungan keluarga lingkup yang paling strategis untuk memunculkan generasi yang cerdas, berwawasan luas, mampu bergaul di dunia modern yang terus bergerak dengan cepat.

“Pendidikan dalam keluarga akan lebih efektip meningkatkan anak bangsa yang cerdas. Pekerjaan ini memang tidak mudah, namun kita harus berusaha optimal,” sebutnya.

Menurutnya, Gebyar Kunjungan Perpustakaan merupakan momen yang strategis untuk mendukung minat masyarakat dalam memperluas wawasan dan pengetahuan. Dengan membaca akan mampu meningkatkan kreativitas dan kepercayaan diri.

Dengan membaca, seseorang akan bisa membuka diri terhadap ide dan informasi baru sehingga akan membantu perkembangan sisi kratif otak, karena otak akan menyerap inovasi tersebut ke dalam proses berpikir kita. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com