Ada 2.000 Pohon di Tanam di Kecamatan Darma

KUNINGAN (MASS)-   Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisangarung melakukan aksi penanaman 2.000 bibit pohon. Aksi ini dilakukan peringatan acara Hari Bhakti PU ke 72.

Acara dipusatkan di Waduk Darma pada Selasa (28/11/2017). Dari Pemkab Kuningan tampak hadir Kadis PUPR Ir H Jajat Sudarjat MSi. Selain itu hadir Kapolsek Darma AKP Maman SH, Camat Darma Didin Burhanudin, Danramil Kadugeda dan tamu undangan lainnya.

Menurut Kepala BBWS Cimanuk-Cisanggarung Bob Lombogia menerangkan, 2.000 pohon yang ditanam merupakan pohon produktif dimana bisa dinikmati oleh warga. Adapun lokasinya adalah 100 pohon disekitar waduk.

Sementara  sisanya yang berjumlah 1.900 lanjut dia, di sebar di 19 desa. Dengan rincian masing-masing 100 pohon/desa. Jenis pohon yang diberikan adalah duren, alpukat dan mangga.

“Acara ini bagian dari gerakan peduli mitigasi bencana perlindungan dan optimalisi fungsi situ, danau, waduk, embung dan sumber air permukaan lainnya,” sebutnya Bob kepada kuninganmass.com.

Pada kesempatan itu juga kata dia, pihaknya sengaja melibatkan siswa dari SMKN Jagara agar mengenal lebih dekat tentang lingkungannya, sehingga diharapkan mereka ikut peduli.

Diterangkan, sengaja menanam pohon produktif agar kelak warga bisa menikmati. Apabila pohon biasa nantinya akan tebang berbeda dengan pohon produktif.

Dengan ditanam pohon maka lanjut dia, akan memberikan dampka positif selain bisa dipetik hasilnya yakni melestarikan alam. Lalu, menyerap sumber air dan juga menambah jumlah persedian oksigen.

“Untuk penamaan pohon kita sudah melakukan sebanyak 56 ribu selama setahun ini. Bukan hanya di Kuningan tapi juga di Garut dan Cirebon,” tandasnya.

Camat Darma Didin Burhanudin mengaku, akan menjaga pohon tersebut sehingga bisa tumbuh. Dengan begitu nanti kelak hasilnya bisa dinikmati oleh warga Darma.

“Terima kasih kepada BBWS sehingga mau memberikan 2.000 bibit pohon untuk di tanam di 19 desa,” jelasnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com