8 Koptan Disawer DAK Pertanian

KUNINGAN (Mass) – Sebanyak delapan (8) Kelompok Tani (Koptan) yang tersebar di wilayah Kabupaten Kuningan mendapat kadeudeuh dari pemerintah Kuningan berupa Dana Alokasi Khusus (DAK) Pertanian. Kedelapan Koptan itu mendapat berkas DAK Pertanian langsung dari Wakil Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH disaksikan Dandim 0615 Kuningan, Letkol Inf Arief Hidayat Sip serta unsur SKPD terkait.

Dari delapan Koptan tersebut diantaranya, Koptan Mekarsari  I Desa Indrapara Cigandamekar dengan kegiatan pembangunan embung, Karya Bakti  III Desa Pancalang Pancalang dengan kegiatan pembangunan irigasi pemukaan (pompanisai), P3A Jaya Mandiri Desa Pasawahan dengan kegiatan Pembangunan Irigasi Permukaan (pipanisasi), Karya Mandiri Desa Garajati Ciwaru dengan kegiatan pembangunan jalan usaha tani, Mekar Hirup Desa Sidang Lebakwangi dengan kegiatan pengembangan jaringan irigasi, Mina Sejahtera Desa Karangmuncang Cigandamekar dengan kegiatan pengembangan usaha pembenihan rakyat (UPR), Mekar Jaya I Desa Bakom Darma dengan kegiatan pengembangan pemasaran hasil perikanan, Rumah Ikan Desa sadamantra Jalaksana dengan kegiataan pengembangan kawasan budidaya perikanan.

“Pada saat ini bangsa Indonesia tengah giat melaksanakan pembangunan di bidang pertanian untuk mewujudkan bangsa yang berdaulat di bidang pangan. Jangan sampai, bangsa kita terus dijajah dengan produk produk atau hasil-hasil pertanian yaang berasal dari luar negeri, karena kita juga merupakan bangsa agraris yang dari dulu telah lebih dulu mengasilkan berbagai macam produk atau hasil pertanian,” ucap Wakil Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH usai penyerahan berkas DAK Pertanian kemarin, Selasa (19/4).

Salah satu usaha pemerintah untuk mewujudkan hal itu kata Acep, adalah dengan  terus membangun berbagai fasilitas dan sarana pertanian. Mengenai fasilitas dan sarana yang telah diberikan, pemerintah mengajak kepada seluruh kelompok tani untuk merawat berbagai sarana dan fasilitas tersebut, sehingga mempunyai manfaat dalam jangka waktu yang lama.

“Saya berpesan agar sarana dan fasilitas yang telah dibangun dan diberikan oleh pemerintah bisa dirawat dengan baik. Sehingga, akan berumur panjang dan memiliki nilai ekonomis yan terus menerus yang nantinya akan bermafaat terus bagi kita semua,” jelasnya.

Sementara Dandim 0615 Kuningan, Letkol Inf Arief Hidayat SIP menambahkan, Kodim 0615 Kuningan telah diberi tugas dan berkomitmen untuk membantu para petani yang ada di Kabupaten Kuningan, dalam mewujudkan ketahanan Pangan.

“Bapak ibu, saat ini  Kodim 0615 Kuningan mendapat bantuan 1 traktor besar dan 4 traktor kecil, yang diperuntukan untuk membantu para petani yang ada di Kabupaten Kuningan. Bagi bapak ibu yang memerlukan bisa meminjam traktor-traktor tersebut secara gratis alias tidak perlu membayar, tapi hanya perlu mengeluarkan biaya untuk operasional bahan bakar traktor,” pungkasnya. (andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com