25 Organisasi Kepemudaan Dibina

KUNINGAN (MASS) – Memperingati hari Pendidikan Nasional (Hardiknas ) Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kuningan, Rabu pagi sekitar jam 08.00 WIB  menggelar kegiatan Sosialisasi Pembinaan kepada Organisasi Kepemudaan(OKP), Pemetaan Potensi dan Fasilitas Usaha Pemuda Kuningan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Sukamulya Cigugur.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari. 25 organisasi kepemudaan dibawah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) itu terdiri dari Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemahasiswaan, serta Karang Taruna.

Masing-masing organisasi mengirimkan lima orang peserta yang memenuhi syarat sesuai dengan UU No 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan yaitu usia 16-30 tahun.  Total jumlah peserta kegitaan sebanyak 150 peserta dari 25 organisasi kepemudaan

Ketua panitia yang juga Sebagai Kasi Pengembangan Pemuda Disporapar Kuningan Cecep Suhana, SE mengatan,  sejarah membuktikan  pemudalah yang menjadi pendobrak dan penentu jalannya sejarah bangsa ini, oleh karena itu Disporapar mengadakan sosialisasi.

Tujuan diadakannya kegiatan Pembinaa Organisasi Kepemudaan ini adalah memberikan penyadaran dan pemberdayaan Organisasi Kepemudaan dalam menata dan mengefektifkan organisasi dalam menjalankan kegiatannya.

Kemudian,  meningkatkan fungsi generasi muda, bersama – sama menyatukan gerak dan langkah secara sinergi dalam menghadapi berbagai persolan bangsa

“Dipuncak merekalah harapan dan cita-cita bangsa ini digantungkan, sehingga pemuda dituntut berperan aktif dan tampil digarda terdepan pembangunan bangsa, baik fisik maupun karakter atau mental spiritual,” ujarnya usai acara Rabu (2/5/2018).

Diterangankan, Mmateri yang disajikan dalam kegiatan Pembinaan Organisasi Kepemudaan adalah Peningkatan peran serta OKP dalam pembangunan. Lalu, Revitasilasi Peran Pemuda dalam Sisdiknas.

Selain itu juga Generasi Milenial Generasi Tanpa Narkoba, Menjadi Generasi Entrepreneur dan terakhir Hypnoteaching.

Sementara itu,  Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kab. Kuningan Drs Jaka Chaerul melalui Kabid Pemuda Drs Hustiadi MSi mengatakan peran serta dan eksistensi OKP di Kuningan telah banyak memberikan kontribusi dalam pembangunan di Kabupaten kuningan. Sinergitas yang dilakukan ini adalah salah satu bentuk kepedulian seluruh OKP yang ingin turut menjadi bagian dalam memajukan Kuningan.

Namun partisipasi aktif OKP juga hendaknya dapat melibatkan komponen dan elemen masyarakat dalam melakukan kegiatan dan programnya, sehingga dengan keterlibatan masyarakat, OKP diharapkan akan semakin eksis.

Sebagai pesan penutup, ia mengajak agar para pemuda-pemudi juga dapat memanfaatkan teknologi didalam menjaga eksistensi organisasi serta kemandiriannya, karena dengan era modernisasi ini setiap informasi dapat diperoleh dengan mudah sehingga dapat meng-update pengetahuan setiap saat.

“Organisasi yang maju tentunya berkat peran aktif para pemain didalamnya yang dapat memanfaatkan waktu dan kesempatan dengan sebaik-baiknya,” ujar pria yang hobi bersepeda ini. (argi)

 

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com