Youth Volunteer Competition Dikuti 615 Siswa

KUNINGAN (MASS)  – Sebanyak 615 siswa siswi tingkat SMP/MTS dan SMA/SMK/MA se-wilayah III Cirebon, mengikuti kegiatan Youth Volunteer Competition (YVC) 2018. Kegiatan ini  diselenggarakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Suka Relawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Kuningan (Uniku).

Acara yang difokuskan di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I pada hari  Sabtu (28/04/2018) itu dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor III Universitas Kuningan (Uniku) Ilham Adhya, M.Si., Hadir juga   perwakilan pengurus PMI Kabupaten Kuningan, Pembinan UKM KSR PMI Uniku Lilis Lismaya, M.Pd., Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Uniku Rizky, Ketua UKM KSR PMI Uniku Kusyanto, Ketua Pelaksana YVC 2018 Alan Taofik dan tamu undangan lainnya.

Menurut Ketua Pelaksana YVC 2018 Alan Taofik,kegiatan in i merupakan salah satu program kerja unggulan dari UKM KSR PMI Uniku sebagai wujud nyata pembaharuan dan untuk menciptakan kader-kader Palang Merah Remaja (PMR) yang siap dan sigap dalam melaksanakan tugasnya guna menjadikan mereka sebagai pemimpin bangsa yang peduli akan kemanusian dan sigap untuk menjadi relawan.

“YVC ini merupakan salah satu proker unggulan dari UKM KSR PMI Uniku sebagai wujud nyata pembaharuan dan untuk menciptakan kader-kader Palang Merah Remaja (PMR) yang siap dan sigap dalam melaksanakan tugasnya guna menjadikan mereka sebagai pemimpin bangsa yang peduli akan kemanusian dan sigap untuk menjadi relawan,” tuturnya.

Diterangkanya, untuk kegiatan YVC tahun 2018 ini, diikuti oleh 615 peserta yang terdiri dari anggota Palang Merah Remaja (PMR) Indonesia meliputi siswa dan siswi dari SMP/MTS dan SMA/SMK/MA atau tingkat Madya dan wira se-wilayah III Cirebon.

“Alhamdulillah, pada tahun 2018 ini, kegiatan YVC diikuti oleh 615 siswa dan siswi tingkat Madya dan Wira se-wilayah III Cirebon. Para peserta akan mengikuti kegiatan tersebut selama dua (2) hari dari tanggal 28 -29 April 2018,” terangnya.

Lebih Jauh, dirinya menjelaskan, pada kegiatan YVC 2018 diisi dengan berbagai macam perlombaan seperti pertolongan pertama, pasang tandu, olimpiade kepalang merahan, madding kepalang merahan dan traveling kepalang merahan.

“Ada lima  kategori lomba yang di kompetisikan pada YVC 2018. Kelima kategori lomba itu diantaranya lomba pertolongan pertama, pasang tandu, olimpiade kepalang merahan, madding kepalang merahan dan traveling kepalang merahan,” jelasnya.

Ketua UKM KSR PMI Uniku Kusyanto, dalam sambutannya, mengatakan, dirinya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta YVC 2018 di Kampus kebanggaannya masyarakat Kabupaten Kuningan.

“Saya ucapkan, selamat datang kepada seluruh peserta YVC 2018 di Kampus Uniku yang merupakan kebanggaan masyarakat Kabupaten Kuningan. Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran pengurus UKM KSR PMI Uniku atas terselenggaranya kegiatanYVC yang sudah menjadi agenda tahunan itu,” tuturnya.

Sedangkan, Pembina UKM KSR PMI Uniku Lilis Lismaya, M.Pd., mengatakan, dirinya juga mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan yang sudah menjadi agenda tahunan dari UKM KSR PMI Uniku tersebut.

“Selamat datang kepada seluruh peserta YVC 2018 yang terdiri dari tingkat Madya dan Wira se-wilayah III Cirebon di Kampus Uniku. Dan tak lupa saya ucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran panitia pelaksana yang telah mempersiapkan kegiatan YVC ini dengan matang sehingga bisa terlaksana dengan lancar dan sukses,” tuturnya.

Ditambahkannya, YVC ini diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kemanusian dan kepedulian kepada sesama yang membutuhkan.

“Ikut dalam pelaksanaan YVC ini tujuannya bukan untuk menjadi juara, tetapi tujuannya adalah untuk menumbuhkan rasa atau jiwa kemanusian dan kepedulian kepada sesama yang sedang membutuhkan,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III Uniku Ilham Adhya, M.Si., dalam sambutannya, mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi, mendukung dan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran panitia pelaksana yang mana para pengurus dari UKM KSR PMI Uniku yang telah mempersiapkan kegiatan YVC 2018 ini sehingga bisa terlaksana dengan baik.

“Terimakasih saya sampaikan dan saya apresiasi kegiatan YVC 2018 yang sudah menjadi agenda tahunan dari UKM KSR PMI Uniku. Dan saya juga ucapkan selamat datang kepada seluruh peserta di Kampus kebanggaannya masyarakat Kabupaten Kuningan,” tuturnya.

Ilham berharap, dari kegiatan YVC ini diharapkan bukan hanya untuk menjadi juara, tetapi jadikan ajang YVC ini sebagai wadah atau sarana untuk mempererat tali silaturahmi dan persahabatan diantara para peserta.

“Mudah-mudahan, kegiatan YVC 2018 ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua,” harapnya. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com