Wakili Provinsi Jabar, Sekolah ini Bersaing Meraih Adiwiyata Mandiri

KUNINGAN (MASS) –  Warga Kuningan patut berbagangga karena sekolah yang ada di Kabupaten Kuningan selalu meraih prestasi. Yang terbaru adalah SMPN 1 Kramatmulya yang menjadi Wakil Provinsi Jabar untuk bersaing ditingkat nasional dalam lomba sekolah peduli dan berbudya lingkungan.

Sekolah yang dipimpin oleh Pipin Mashur Aripin MPd ini, pada Jumat (17/11/2017) kedatangan tim Penilai Nasional. Tim disambut oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama, Kadisdibud Kunigan Dr Drs Dian Rahmat Yanuar MSi  dan juga pihak sekolah.

Tim penilai Noor mengatakan, sebelum dilakukan penilai puncak nanti sarana dan prasarana lebih diperbaiki lagi. Seperti ditambahnya resapan air dengan menggunakan paving block.

Lalu juga  pemberiaan nama-nama pohon untuk dicantumkan baik nama indonesia maupun latin. Kemudian, keterlibatan peserta didik akan lingkungan harus lebih dikutsertakan.

“Program adiwiyata mendorong tumbuhnya sekolah dengan tata kelola yang baik yang dapat memberikan pembelajaran warga sekolah untuk bertanggungjawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup,”jelasnya

Dengan program Adiwiyata ini, tim penilai mengatakan warga sekolah diajarkan untuk peduli dan berbudaya lingkungan serta berkarakter cinta lingkungan. Sekolah Adiwiyata sebagai satu komunitas pendidikan memberikan kontribusi yang sangat penting bagi pengelolaan lingkungan hidup.

Sementara itu Bupati Kuningan mengatakan, Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi untuk penerpan kepedulian akan lingkungan terus dilakukan terutama di lingkungan sekolah. Karena hal ini sebagai bentuk kepedulian kepada alam.

Kepedulian kepada lingkungan lanjut dia, akan diraskan hasilnya baik dalam waktu dekat maupun jangka panjang. Seperti halnya dapat meningkatkan suasana belajar, sehingga anak akan merasa betah di sekolah.

Dalam upaya meningkatkan sekolah berwawasan lingkungan, Bupati Kuningan meminta arahannya  dari tim penilai untuk melakukan pelatihan atau seminar di Kuningan. Hal apa saja yang mesti dilakukan dan dipersiapkan agar sekolah di Kuningan tingkat kepedulian akan lingkungan semakin meningkat baik di tingkat SD hingga SMA/SMK. Bahkan setingkat Perguruan Tinggi. (agus)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com