Tanamkan Kebersihan Sejak Dini

KUNINGAN (MASS) – Ada pepatah mengatakan kebersihan pangkal kesehatan. Pepatah itu dijadikan salah satu Proker KKN-PDik STKIP Muhammadiyah Kuningan Desa Jagasari Kecamatan Cikijing. Proker yang dituangkan dalam kegiatan “Menggosok Gigi Bersama di Sekolah” dilaksanakan Rabu (8/8/2018).

Menurut DPL KKN-PDik Desa Jagasari, Irfan Fajrul Falah MPd, konsumsi permen dan cokelat yang berlebih menjadi salah satu dasar program ini dilaksanakan. Jika tidak dibarengi dengan pemeliharaan gigi yang baik, maka akan merusak gigi.

“Anak-anak itu belum memiliki kesadaran dalam menjaga kesehatan. Maka sebagai orang tua, kita perlu membimbing mereka untuk memiliki rasa kepedulian terhadap kesehatan. Salah satunya menggosok gigi. Karena setiap hari gigi selalu digunakan untuk mengunyah makanan,” jelas Ipong sapaan akrabnya, Jum’at (10/8/2018).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh siswa SDN Jagasari I, III dan IV tersebut dibimbing oleh mahasiswa dan pihak sekolah. Selain pihak sekolah, Kepala Desa dan aparat desa pun turut mendukung dan menyukseskan kegiatan ini. Begitu juga dengan masyarakat setempat.

Kepala Desa Jagasari, Muslih Syukur SIP, berpendapat bahwa program ini sederhana namun sangat bermanfaat dalam menumbuhkan kesadaran anak-anak dalam menjaga kesehatan.

“Terkadang program seperti ini luput dari perhatian kita. Bagaimanapun juga kesehatan terutama kesehatan gigi akan sangat berpengaruh terhadap kepercayaan diri anak-anak. Terima kasih mahasiswa KKN-PDik yang telah peduli terhadap masyarakat kami,” ucapnya.

Selain kegiatan menggosok gigi yang berkaitan dengan kesehatan, kelompok KKN-PDik Desa Jagasari juga telah melaksanakan kegiatan Coaching Clinic pada cabang olahraga dan juga pelatihan di bidang kesenian. (ali)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com