SMKN 3 Kuningan Salurkan Lulusannya Untuk Bekerja

KUNINGAN (Mass) – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kuningan nampaknya terus berkomitmen untuk menyalurkan para lulusannya agar bekerja di beberapa perusahaan ternama di Indonesia. Hal itu terlihat saat dilakukannya proses rekruitmen bagi tenaga kerja baru untuk dipekerjakan di salah satu perusahaan besar yang berada di wilayah Cikarang Jawa Barat, yang digelar di lingkungan SMKN 3 Kuningan, Selasa (22/3).

Kepala SMKN 3 Kuningan, Drs H Muhammad Riono melalui Wakasek Humas Hubungan Industri, Heni Aryani SPd MM saat ditemui wartawan online ini di lokasi rekruitmen menyebutkan, ada sebanyak 1728 orang yang mengikuti kegiatan penyeleksian tenaga kerja baru untuk PT Musashi Auto Park Indonesia di Cikarang Jabar. Dari ribuan orang itu, terdiri dari 1500 orang baik berasal dari alumni sekolah maupun lulusan sekolah lainnya, serta 228 orang dari siswa kelas 3 SMKN 3 Kuningan.

“Jadi, bukan hanya dari lulusan kita saja yang bisa ikut proses seleksi disini tapi dari lulusan sekolah lain juga banyak. Namun, khusus bagi pelamar yang masih berstatus pelajar itu hanya diperbolehkan dari siswa kelas 3 sekolah kami,” katanya.

Menurutnya, tingkat pelamar yang begitu tinggi dikarenakan bahwa SMKN 3 Kuningan merupakan salah satu sekolah yang masih dipercaya sejumlah perusahaan ternama di Indonesia, sebagai tempat penyeleksian tenaga kerja baru di wilayah III Cirebon.

“Jadi bukan hanya dari wilayah Kuningan, namun untuk wilayah III Cirebon kita itu sebagai induk. Sebab, BKK yang lain gabung ke SMKN 3 Kuningan karena dipercaya perusahaan, dan perusahaan juga merekrut pegawai bukan hanya asal dari Kuningan saja,” tukasnya.

Pihaknya mengaku, selain sebagai tanggungjawab pihak sekolah, kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar yang ada di Indonesia itu sebagai wujud membantu program pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran di Kuningan. Bahkan, setiap tahunnya lulusan dari SMKN 3 Kuningan ini selalu dibantu untuk disalurkan ke sejumlah perusahaan besar, sesuai dengan keahlian dan jurusan masing-masing siswa.

“Sebelumnya saja kita sudah melakukan proses rekruitmen selama enam hari dengan PT Astra Honda Motor dengan jumlah pelamar mencapai 1600 orang. Ada juga dengan perusahaan Toyota dari 500 pelamar lulusan sekolah kami yang diterima sebanyak 102 orang,” terangnya.

Dari tahapan seleksi itu kata Heni, ada beberapa hal yang harus ditempuh para pelamar seperti tes kemampuan dasar, psikotes, interview, dan medical chek up. Kedepan, pihaknya juga bakal kembali melakukan rekruitmen tenaga kerja bekerjasama dengan PT Pejalindo Nusantara di tanggal 30 Maret mendatang.

“Di sekolah kita ada sebanyak delapan kompetensi diantaranya TGB, TK BB, TIPTL, TAP, TOI, TKR, TSM, Mesin, Pengelasan, TKJ Multimedia dan lainnya. Untuk lulusan tahun ini sendiri ada sekitar 650 siswa, dengan 75 rombongan belajar dari kelas 1 sampai kelas 3 dengan jumlah siswa mencapai 1600 orang lebih,” pungkasnya.(andri)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com