Seminar Nasional Hadirkan Ketua Himpunan Dosen PGSD Indonesia

KUNINGAN (Mass) – Dalam rangka meningkatkan kualitas guru, Prodi PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar) STKIP Muhammadiyah Kuningan menggelar seminar nasional di RM Lembah Ciremai, Rabu (24/5/2017). Pemateri yang dihadirkan, salah satunya Dr Fahrurrozi MPd, ketua 1 Himpunan Dosen PGSD Indonesia.

“Tema yang kami angkat dalam seminar ini ‘Peningkatan Kualitas Pendidikan Dasar di Era MEA’. Kami berharap dapat menciptakan tatanan dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran di SD,” ujar Ketua Panitia, Muhafidin MPd.

Selain Fahrurrozi, terdapat 2 pemateri lainnya. Diantaranya Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi yang kini menjabat kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan. Dihadirkan pula seorang guru berprestasi, Supi MPd, untuk berbicara di hadapan ratusan peserta yang ikut.

Ketua Prodi PGSD STKIPM Kuningan, Dudung Abdu Salam MPd dalam sambutannya mengatakan, guru merupakan elemen utama dalam pendidikan yang berkualitas. Untuk itu, pendidikan kepada  calon guru harus dioptimalkan. Pencanangan Kuningan sebagai Kabupaten Pendidikan, imbuh Dudung, sangat diapresiasi.

“Di sini mayoritas para calon guru. Dengan diselenggarakannya seminar ini kami berharap agar para calon guru memiliki daya saing, bukan hanya skala nasional tapi skala ASEAN,” tandas pria yang telah malang melintang di dunia aktivis mahasiswa itu.

Terlebih, sambung Dudung, fakta berbicara bahwa kompetensi guru di Indonesia berada pada peringkat 64 dari 65 negara. Menurutnya, fakta ini menjadi trigger agar calon guru SD harus mampu bersaing dengan negara lain melalui peningkatan kompetensi.

“Selagi masih kuliah, harus mampu bersaing dengan negara lain melalui peningkatan kompetensi. Penambahan wawasan keilmuan melalui seminar seperti ini insya Allah menjadi salah satu cara meningkatkan kompetensi calon guru sekolah dasar,” tukasnya. (deden)

error: Hak Cipta Berita Milik Kuninganmass.com